Dalimunthe, Fitri Handayani (2014) Usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri pondok pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0138.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
permasalahan yang terdapat dalam penelitian ini adalah, bagaimana gambaran Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah, bagaimana Usaha Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten MandailingNatal, dan apa hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam Meningkatkan Motivasi Belaja Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten MandailingNatal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran Motivasi Belajar Santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah,Bagaimana Usaha Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten MandailingNatal, dan apa hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar, Santri Pondok Pesantren Musthafawiyah Purbabaru Kabupaten MandailingNatal. Untuk mengetahui hasil penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan analisa kualitatif dengan menggunakan field research (riset lapangan) dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu obsevasi,dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian di atas, peneliti berkesimpulan bahwa gambaran motivasi santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah masih kurang, karena penulis telah mengobservasi kegiatan santri, dapat dilihat dari motivasi mereka untuk melaksanakan kegiatan sehari-hari baik dari segi ibadah, menghadiri pengajian, menghafal, dan mengikuti program ekstakulikuler yaitu dengan mengikuti MTQ di sekolah maupun diluar sekolah.Usaha yang dilakukan oleh guru dalam meningkatkan motivasi belajar santri di Pondok Pesantren Musthafawiyah baik karena guru sering memotivasi santri untuk belajar baik dari segi: memberikan penilaian, pemberian hadiah, pemberian tugas, mengadakan saingan/kompetisi, memberi ulangan, memberitahu hasil, pemberian ganjaran/ pujian, pemberian hukuman, menjelaskan pentingnya bahan pelajaran tersebut, variasi penggunaan media, mengadakan mudzakaroh, menarik minat dan perhatian santri, mempunyai keterampilan dalam menjelaskan pelajaran serta memberi nasehat. Dalam menempuh suatu usaha tidak luput dari hambatan yang dihadapi begitu juga untuk memotivasi santri, kendala yang dihadapi dalam memotivasi santri untuk belajar dari kondisi ekonomi keluarga, dari segi kecerdasan, Terjangkaunya alat-alat belajar di sekolah yang dibutuhkan oleh guru untuk memperjelas bahan pelajaran kepada santri.Masih banyak santri yang tidak mementingkan pelajaran karena mereka mengangap sekolah itu hanya formalitas saja. dalam hal mengulang pelajaran santri yang tidak mengulang pelajaran di asrama disebabkan rasa malas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Syafri Gunawan dan Abdul Sattar Daulay |
Keywords: | pendidikan Islam; guru; motivasi; pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 09:20 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 09:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3462 |
Actions (login required)
View Item |