Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh tingkat pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 2 Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal

Lubis, Amni Bahria (2014) Pengaruh tingkat pendidikan guru terhadap prestasi belajar siswa di SMP N 2 Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0044.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Tingkat pendidikan guru merupakan faktor utama dalam menunjang pendidikan yang berkualitas, dengan adanya tingkat pendidikan guru yang berbeda diharapkan dapat memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMP N 2 Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandailing Natal. Adapun kualitas guru yang diharapkan adalah guru yang berkualitas, berkopetensi dan guru yang dikehendaki untuk mendatangkan prestasi belajar serta mampu mempengaruhi proses belajar mengajar siswa, yang nantinya akan menghasilkan prestasi belajar siswa yang lebih baik. Kompetensi guru yang di teliti melipiti empat kategori. Pertama, kemampuan guru dalam merencanakan program belajar mengajar. Kedua, kemampuan guru dalam menguasai bahan pelajaran. Ketiga, kemampuan guru dalam melaksanakan dan memimpin/mengelola proses belajar mengajar. Dan keempat, kemampuan dalam menilai kemajuan proses belajar mengajar. Prestasi belajar adalah hasil belajar yang dicapai setelah melalui proses kegiatan belajar mengajar. Prestasi belajar dapat ditunjukkan dalam bentuk nilai yang diberian guru berupa raport yang merupakan hasil dari beberapa bidang studi yang telah di pelajari oleh peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yaitu dengan menggunakan rumus statisti. populasi peneltian adalah seluruh siswa SMP N 2 Ranto Baek kabupaten Mandailing Natal. Kelas VII, VIII dan IX yang berjumlah 185. Dengan demikian diambil sampel penelitian 15% yang berjumlah 28 orang siswa. Tekhnik sampel yang digunakan yaitu staratifiet random sampling, untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset dilapangan, intumen pengumpulan yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Peneliti memperoleh hasil penelitian bahwa tidak terdapat hubungan yang tidak positif dan tidak signifikan antara tingkat pendidikan guru dengan prestasi belajar siswa Ternyata ܨ௛௜௧௨௡௚>ܨ௧௔௕௘௟ yaitu 0,031 > 3,34 maka Ho diterima dan Ha ditolak. Dengan demikian tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara tingkat pendidikan guru terhadap prestai belajar siswa di SMP N 2 Kecamatan Ranto Baek Kabupaten Mandaling Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Sahadir Nasution dan Akhiril Pane
Keywords: Pendidikan guru; prestasi belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 07:38
Last Modified: 14 Jul 2020 07:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3416

Actions (login required)

View Item View Item