Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru agama dalam membentuk karakter peserta didik di SD Islam Bunayya Padangsidimpuan

Rtg, Iwan Marjuki (2014) Strategi guru agama dalam membentuk karakter peserta didik di SD Islam Bunayya Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 310 0144.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang penulis bahas dalam penelitian ini berawal dari banyaknya saat ini Sekolah Islam Terpadu mulai menjadi perhatian dan pilihan lembaga pendidikan bagi masyarakat, dengan mengutamakan program agama, sekolah bisa mencatat siswa yang pintar dalam ilmu pengetahuan dan agama. Membiasakan siswa melakukan kegiatan seharihari dengan nilai-nilai karakter islami. Untuk itu penulis merasa perlu mengetahui starategi apa saja yang dilakukan guru agama untuk membentuk karakter siswa di SDIT Padangsidimpuan. Adapun tujuan penulisannya adalah untuk. Mengetahui desain pembelajaran PAI dalam rangka membentuk karakter peserta didik di SD Islam Terpadu Bunayya Padangsidimpuan, Mengetahui starategi guru agama dalam membentuk karakter siswa, Mengetahui pelaksanaan kegiatan belajar mengajar PAI di SD Islam Terpadu Bunyya Padangsidimpuan, Mengetahui evaluasi pembelajaran PAI dalam rangka membentuk karakter peserta didik di SD Islam Terpadu Bunyya Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode destriftif dan Penelitian ini bercorak kualitatif, sumber data adalah guru agama, kepala sekolah, siswa SDIT Bunyya Padangsidimpuan. Dalam mengumpulkan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan analisis data yaitu, Reduksi data Display dan Pengambilan kesimpulan. Berdasarkan penelitian ini dapat diketahui (a) Strategi guru agama mendesain pembelajaran pendidikan agama Islam untuk membentuk karakter peserta didik sudah dipersiapkan oleh guru agama di SD Islam Terpadu Bunyya Padangsidimpuan dalam RPP secara tertulis sudah dibuat, tapi belum tertera karakter apa saja yang harus ditanamkan pada setiap standar kompetensi, kompetensi dasarnya, serta dalam kegiatan pembelajarannya. (b) bagaimana starategi guru agama dalam membentuk karakter siswa, Kontrol yang baik dari wali kelas terhadap semua kegiatan siswa perlu dilaksanakan, sehingga tujuan dari kegiatan ini tercapai dengan baik. Tidak hanya itu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, (c) Strategi guru agama dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran PAI di kelas, sebagian besar telah mempergunakan metode pembelajaran yang sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran seperti metode ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan, demonstrasi, (d) Strategi guru agama dalam melaksanakan evaluasi pembelajaran untuk membentuk karakter peserta didik tidak hanya aspek kognitif saja, tetapi mencakup ke tiga ranah. Untuk aspek apektif dan psikomotor dilakukan guru melalui penilaian portofolio, dengan memperhatikan prilaku peserta didiknya selama berada di sekolah.Evaluasi secara umum sudah terlaksana, namun secara khusus untuk membentuk karakter belum terlihat dalam pelaksanaan evaluasinya disekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asfiati dan Erna Ikawati
Keywords: Pendidikan Islam; strategi; guru; karakter siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:16
Last Modified: 14 Jul 2020 04:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3410

Actions (login required)

View Item View Item