Harahap, Enni Novia (2020) Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi UKM di pasar inpres Sadabuan terhadap produk Arrum pada PT. Pegadaian Syariah Sadabuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1640100143.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh pengamatan peneliti mengenai pandangan para usaha kecil menengah (UKM) yang ada di Pasar Inpres Sadabuan terhadap produk Arrum yang ada di Pegadaian Syariah Sadabuan. Produk Arrum (Ar-rahn untuk usaha mikro) merupakan produk yang membantu usaha mikro/kecil untuk keperluan modal dalam mengembangkan usaha dengan sistem pengembalian secara angsuran dengan jaminan berupa BPKB dan emas. Dengan adanya produk ini diharapkan dapat membantu mengembangkan usaha-usaha yang ada di Pasar Inpres Sadabuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi UKM di Pasar Inpres Sadabuan terhadap produk Arrum pada Pegadaian Syariah Sadabuan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi UKM di Pasar Inpres Sadabuan terhadap produk Arrum pada Pegadaian Syariah Sadabuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai persepsi yang mempengaruhi pedagang terhadap Pegadaian Syariah yang mendukung dalam memperoleh hasil penelitian. Teori ini dapat menjadi dasar atau acuan dalam melakukan penelitian ini. Jenis penelitian ini adalah penelitian yang dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Alat pengumpulan data yang dilakukan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara studi kasus kualitatif pada Pegadaian Syariah Sadabuan. Hasil penelitian ini adalah bahwa para UKM memberikan tanggapan positif terkait keunggulan dan prosedur produk Arrum, namun dari segi angsuran para UKM dapat mengalami kesulitan jika keadaan pasar sedang sunyi pembeli, para UKM yang telah menggunakan produk Arrum mengatakan bahwa produk Arrum dapat membantu perkembangan usahanya. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi UKM di Pasar Inpres Sadabuan karena Faktor Internal yaitu minat dan pengalaman UKM pada Pegadaian Syariah tidak ada, juga karena Faktor Eksternal yaitu sesuatu yang baru, dan kurangnya pemasaran yang dilakukan pihak Pegadaian Syariah, dan adapun karena Faktor Situasi yaitu keadaan waktu yang dimiliki seseorang, dimana para UKM membutuhkan modal untuk mengembangkan usahanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | DR.Abdul Nasser Hasibuan,M.Si dan Nofinawati,M.A |
Keywords: | Faktor-faktor dan Persepsi UKM, Produk Arrum |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 02:59 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 02:59 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3355 |
Actions (login required)
View Item |