Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh persepsi, Brand Awareness dan media komunikasi terhadap minat memilih produk bank syariah (studi kasus pada masyarakat lingkungan III Sihitang)

Hayati, Husna (2019) Pengaruh persepsi, Brand Awareness dan media komunikasi terhadap minat memilih produk bank syariah (studi kasus pada masyarakat lingkungan III Sihitang). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100306.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Bank syariah merupakan lembaga keuangan sesuai dengan syariah Islam. Beberapa masyarakat Lingkungan III Sihitang beranggap semua lembaga keuangan sama dalam menjalankan operasinya, dapat dilihat dari segi persepsi pengetahuan produk melalui brand awareness serta informasi dari berbagai media salah satunya media komunikasi. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh persepsi, brand awareness dan media komunikasi secara parsial dan simultan terhadap minat memilih produk bank syariah masyarakat Lingkungan III Sihitang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh persepsi, brand awareness dan media komunikasi secara parsial dan simultan terhadap minat memilih produk bank Syariah masyarakat Lingkungan III Sihitang. Kegunaan penelitian diharapkan dapat memberikan gambaran bagaimana cara meningkatkan minat dalam memilih produk bank syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi minat memilih. Sehubungan dengan itu teori yang berkaitan dengan ilmu pemasan diantaranya adalah teori persepsi, teori brand awareness dan teori media komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pengelolaan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan program SPSS versi 22. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh masyarakat Lingkungan III Sihitang yang berjumlah 1557 orang dan sampelnya sebanyak 94 orang. Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian yang diperoleh ada pengaruh persepsi terhadap minat memilih produk bank syariah. Ada pengaruh brand awareness terhadap minat memilih produk bank syariah. Ada pengaruh media komunikasi terhadap minat memilih produk bank syariah. Ada pengaruh persepsi, brand awareness dan media komunikasi terhadap minat memilih produk bank syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.Kamaluddi, M.Ag dan Hamni Fadlilah Nasution,M.Pd
Keywords: Brand awareness, Media komunikasi, Minat memilih dan persepsi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:24
Last Modified: 14 Jul 2020 08:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3342

Actions (login required)

View Item View Item