Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pemasaran produk gadai emas dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal

Hsb, Ainun Mardiah (2020) Strategi pemasaran produk gadai emas dalam meningkatkan jumlah nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

Full text not available from this repository.

Abstract

Melihat banyaknya nasabah yang menggadaikan emasnya di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal, maka peneliti tertarik untuk melihat strategi pemasaran produk gadai emas dalam meningkatkan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal, dimana PT. Pegadaian (Persero) merupakan suatu lembaga keuangan yang fungsinya sebagai penggadaian barang berharga dan barang lainnya yang sifatnya bisa di jual kembali dan menguntungkan. Akan tetapi jumlah nasabah di tahun 2018 setiap bulan terjadi kenaikan dan penurunan jumlah nasabah. Sehingga perlu untuk mengetahui strategi dan upaya yang dilakukan PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal untuk dapat meningkatkan jumlah nasabah dalam hal produk gadai emas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Informan penelitian ini terdiri dari Bapak Chandra Muliawan sebagai pengelola di PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal. Bapak Adrian Syahputra sebagai marketing di PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal. Bapak Azwar Nasution sebagai penaksir di PT. Pegadaian Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal. Berdasarkan penelitian ini bahwa strategi pemasaran yang diterapkan (khususnya di bidang produk gadai emas) oleh PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal dalam meningkatkan jumlah nasabah yaitu strategi promosi (Promotion), strategi harga (Price), strategi produk (Product), strategi distribusi (Place), strategi pengoptimalan taksiran. Upaya yang dilakukan untuk memperkenalkan dan meningkatkan jumlah nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Mandailing Natal (khususnya di bidang gadai emas) yaitu dengan menambah strategi yaitu: Dengan menggunakan strategi Join Community aktifitas yang dilakukan antara lain: mengenalkan pegadaian, membagi brosur, literasi, menwarkan produk, melakukan follow up. Kemudian strategi yang lain canvansing micro, closing. memberikan cashback/diskon/bonus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Budi Gautama Siregar,S.pd.,M.M dan Damri Batubara,M.M
Keywords: Strategi pemasaran, Produk gadai emas, Nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:52
Last Modified: 15 Jul 2020 01:20
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3339

Actions (login required)

View Item View Item