Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga

Nasution, Nata Auliya (2020) Analisis penyelesaian pembiayaan bermasalah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga. UNSPECIFIED thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100254.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembiayaan merupakan aktivitas bank syariah dalam menyalurkan dana kepada pihak nasabah yang membutuhkan dana berdasarkan prinsip syariah. Jika pengembalian pembiayaan tidak sesuai kesepakatan, maka hal ini yang akan memicu terjadinya pembiayaan bermasalah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan menganalisis penyelesaian pembiayaan bermasalah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga. Tujuan penelitian ini untuk megetahui pelaksanaan pembiayaan bermasalah, proses penyelesaian pembiayaan bermasalah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang pembiayaan, pembiayaan bermasalah, pelaksanaan pembiayan bermasalah, penyelesaian pembiayaan bermasalah. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini memproleh data dengan menggunakan data sekunder dengan menelaah buku-buku yang menjadi sumber referensi dan data primer dari informan PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga yang sesuai dengan judul peneliti. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, menunjukkan bahwa analisa penyelesaian pembiayaan bermasalah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga mengalami peningkatan pembiayaan bermasalah yang signifikan dari tahun 2014-2016 yang disebabkan oleh faktor-faktor yang berasal dari nasabah yaitu adanya iktikad yang tidak baik dari nasabah, omset usaha menurun dan musibah yang dialami nasabah seperti kebakaran, kebanjiran dan sebagainya. diselesaikan dengan adanya tahapan. Pertama, apabila nasabah sudah masuk pada kategori kollektibilitas empat dan lima, maka PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Sibolga akan memberikan surat pemberitahuan I ,II, dan III serta On The Spot. Kedua, apabila tidak ada konfirmasi setelah surat pemberitahuan III, maka dilakukan penagihan, penyelesaian melalui surat peringatan dan penyelesaian melalui restrukturisasi kemudian lelang.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Supervisors: Muhammad Isa,ST.,MM Adanan Murroh Nastion,M.A
Keywords: Analisis, Penyelesaian, Pembiayaan Bermasalah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 14 Jul 2020 09:10
Last Modified: 15 Jul 2020 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3338

Actions (login required)

View Item View Item