Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Mandiri Syariah Cabang Padangsidimpuan

Rohani, Puja (2019) Pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Mandiri Syariah Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah terdapat fenomena mengenai banyak nasabah yang mengajukan komplain terhadap pelayanan yang ada di Bank Mandiri Syariah Cabang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh teknologi informasi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah di Bank Mandiri Syariah Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori teknologi informasi, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi peneliti berjumlah 12.252 orang. Penentuan sampel menggunakan teknik sampel insidental dan berdasarkan perhitungan teknik sampling. Sumber data yang digunakan yaitu data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yaitu kuesioner, wawancara, uji validitas, uji reliabilitas, analisis data, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji autokorelasi, uji heteroskedastisitas), koefisien determinasi serta regresi linier berganda dengan uji t, uji f menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil koefisien determinasi (R2) sebesar 0,476 atau (47,6%) artinya variabel bebas memengaruhi variabel terikat sebesar 47,6 % sedangkan sisanya sebesar 0,524 atau (52,4 %) dipengaruhi oleh variabel lain. Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh teknologi informasi terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung > ttabel atau (3,603 > 1,603) dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung>ttabel atau (1,997 > 1,603). Secara simultan teknologi informasi dan kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai sebesar Fhitung>Ftabel atau (18,616 > 4,079).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.Budi Gautama Siregar,S.Pd.,MM dan Rodame Monitorir Napitupulu,MM
Keywords: Teknologi informasi, Kualitas pelayanan, Kepuasan nasabah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 15 Jul 2020 15:21
Last Modified: 15 Jul 2020 15:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3334

Actions (login required)

View Item View Item