Nasution, Seri Wahyuni (2019) Pengaruh penerapan customer focus terhadap loyalitas nasabah tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100134.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Dunia perbankan memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan nasabahnya, karena hubungan antara bank dan nasabah merupakan satu kesatuan. Oleh sebab itu, bank harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada nasabahnya agar tercipta loyalitas nasabah. Artinya apabila nasabah memiliki loyalitas yang tinggi tentunya akan melakukan banyak transaksi dengan pihak perbankan sehingga jumlah nasabah mengalami peningkatan. Namun permasalahan yang terjadi adalah nasabah dengan mudah berpindah ke bank lain sehingga hal ini mengindikasikan bahwa kurangnya tingkat loyalitas nasabah terhadap bank. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menerapkan strategi Customer Focus untuk meningkatkan loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Padangsidimpuan. Teori Oliver menyatakan bahwa loyalitas adalah suatu komitmen mendalam untuk melakukan pembelian ulang atau berlangganan kembali sebuah produk atau jasa yang disukai pada masa depan, walaupun situasi memengaruhi dan usaha-usaha pemasaran mempunyai potensi untuk menyebabkan pengalihan perilaku. Begitu juga Fandy Tjiptono menyebutkan fokus pada pelanggan artinya pemasaran memiliki perhatian yang besar terhadap pelanggan dan terus-menerus memberikan nilai tambah melalui penawaran khusus dan merupakan upaya untuk memuaskan pelanggan agar terciptanya loyalitas. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah: menurut jenisnya penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan instrument pengumpulan data berupa angket. Sedangkan metode analisis yang digunakan antara lain: uji validitas dan realibilitas instrumen, statistik deskriptif data penelitian, analisis regresi linier sederhana, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis (uji t). Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan Customer Focus mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Kantor Cabang Padangsidimpuan. Sementara hasil dari uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai thitung> ttabel. Hasil ini mengindikasikan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan customer focus terhadap loyalitas nasabah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa,ST.,MM dan Jumi Atika, S.H.I.,M.E.I |
Keywords: | Customer focus, Loyalitas, Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:25 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:25 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3324 |
Actions (login required)
View Item |