Lubis, Rumaitsah (2019) Pengaruh etika pemasaran islam terhadap keputusan nasabah menggunakan produk Muḍarabah Pada BMT Insani Sadabuan Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1540100107.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah pemasaran dalam Islam harus mengandung pemasaran syariah yaitu pemasaran yang selalu memperhatikan aturan dan tujuan ekonomi syariah. Produk yang lebih unggul di BMT Insani Sadabuan merupakan Pembiayaan muḍarabah. Jumlah anggotanya dari tahun ketahun mengalami kenaikan karena pencairan yang mudah. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh etika pemasaran Islam terhadap keputusan nasabah menggunakan produk muḍarabah pada BMT Insani Sadabuan Kota Padangsidimpuan Teori dalam penelitian ini berkaitan dengan teori etika pemasaran yang terdiri dari pengertian, standar etika pemasaran, tujuan pemasaran, sumber hukum, dan prinsip etika pemasaran. Kemudian teori tentang muḍarabah yang terdiri dari pengertian, syarat-syarat dan rukun-rukun muḍarabah, dan manfaat. Selanjutnya teori keputusan nasabah terdiri dari pengertian, tingkah laku keputusan, dan proses pengambilan keputusan. Dan yang terakhir adalah teori BMT yang terdiri dari pengertian dan devisi BMT. Jenis penelitian yang digunakan penelitian kuantitatif dan sumber data primer berupa kuesioner yang diberikan kepada nasabah muḍarabah pada BMT Insani. Teknis analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Populasi sebanyak 112 orang dan sampel sebanyak 88 orang. Hasil penelitian secara parsial dengan hasil thitung>ttabel (3,021>1,989), hal ini dapat diartikan secara parsial pelayanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara parsial dengan hasil nilai uji t yang telah di olah bahwa thitung<ttabel (-1,185<1,989). Hal ini dapat diartikan secara parsial kepribadian spiritual tidak berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara parsial dengan hasil nilai uji t yang telah diolah bahwa thitung<ttabel (-0,835<1,989). Hal ini dapat diartikan secara parsial kejujuran tidak berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara parsial dengan hasil nilai uji t yang telah diolah bahwa thitung>ttabel (2,111>1,989). Hal ini dapat diartikan secara parsial keadilan berpengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah. Secara simultan pelayanan, kepribadian spiritual, kejujuran, dan keadilan dengan nilai Fhitung>Ftabel (3,193>2,71) yang artinya Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa pelayanan, kepribadian spiritual, kejujuran, dan keadilan terdapat pengaruh secara simultan yang signifikan terhadap keputusan nasabah pada BMT Insani Sadabuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa,ST.,MM dan Rini Hayati Lubis,MP |
Keywords: | Etika pemasaran islam, Muḍarabah, Keputusan nasabah, Bait al-Mal wa al-Tamwil (BMT) |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 21 Jul 2020 04:41 |
Last Modified: | 21 Jul 2020 04:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3323 |
Actions (login required)
View Item |