Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kemampuan guru menggunakan media pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Batang Angkola

Ritonga, Irjan (2017) Kemampuan guru menggunakan media pembelajaran matematika di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0193.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang bagaimana guru Matematika menggunakan media pembelajaran, bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran dan apa kendala yang dihadapi guru Matematika dalam menggunakan media pembelajaran di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Berdasarkan masalah tersebut di atas, maka tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru Matematika menggunakan media pembelajaran, untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam menggunakan media pembelajaran di SMP Negeri 1 Batang Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu SMP Negeri yang ada di Batang Angkola. Sumber datanya adalah guru Matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yakni penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah dengan menggunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya dilapangan secara murni apa adanya sesuai dengan konteks penelitian. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah wawancara dan observasi. Setelah penelitian dilakukan dapat diketahui bahwa guru Matematika menggunakan media pembelajaran tergolong baik, hal ini ditandai dengan guru Matematika menggunakan media yang ada sesuai dengan materi yang akan disampaikan dengan cara pemilihan media yang tepat, disesuaikan dengan kondisi siswa dan kemampuan. Adapun hasil belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran meningkat. Sedangkan kendala yang dihadapi guru Matematika dalam menggunakan media pembelajaran adalah ada 2 faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal meliputi kurangnya kemampuan dan keterampilan guru dalam menggunakan media dan faktor usia yang menyebabkan kurangnya kemampuan dan motivasi guru untuk mengasah kemampuan menggunakan media, faktor eksternal adalah minimnya media pembelajaran yang dan di sediakan di sekolah sehingga dalam penggunaan media pembelajaran dilakukan dengan bergantian sehingga menyulitkan guru dalam menggunakan media pembelajaran, kemudian adanya media pembelajaran yang tidak layak pakai di SMP Negeri 1 Batang Angkola.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kemampuan Guru; Media Pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 07 Jul 2020 04:10
Last Modified: 07 Jul 2020 04:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3202

Actions (login required)

View Item View Item