Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afekif peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Tangga-Tangga Hambeng Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara

Hasibuan, Fitri Ani (2017) Upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengembangkan ranah afekif peserta didik di Sekolah Dasar Negeri Tangga-Tangga Hambeng Kecamatan Padang Bolak Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0050.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah indikator keberhasilan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang baik adalah mencakup tiga ranah yaitu ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. Namun kenyataan, transformasi Pendidikan Agama Islam hanya mencakup ranah kognitif dan psikomotorik saja. Rumusan masalah dalam penelitian adalah bagaimana upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik dan apa saja hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik dan solusi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik dan untuk mengetahui solusi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif yang diajukan dengan metode deskriftif. Instrument pengumpulan data yang digunaka adalah observasi dan wawancara. Sumber yang dibutuhkan dan diperoleh dari informan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perpanjangan pengamatan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa upaya yang dilakukan guru dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik itu menjadikan guru itu sendiri menjadi contoh teladan, membiasakan hal-hal yang baik, menggunakan berbagai metode dalam proses pembelajaran, dan membina kerjasama dengan guru bidang studi lainnya. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik yaitu factor intern yang timbul dari masing-masing siswa, faktor ekstren peserta didik termasuk lingkungan sekolah, teman, dan masyarakat sekitar tempat tinggal masing-masing siswa, kurangnya kerja sama sekolah dengan orangtua peserta didik. Dan solusi yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengembangkan ranah afektif peserta didik yaitu menggunakan metode yang dapat disesuaikan dengan materi pembelajaran, melakukan pengawasan terhadap peserta didik, menjalin kerja sama yang baik dengan pihak sekolah terutama dengan kepala sekolah dan guru bidang studi lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Upaya Guru; Ranah Efektif; Peserta Didik
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 06 Jul 2020 08:39
Last Modified: 06 Jul 2020 08:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3152

Actions (login required)

View Item View Item