Harahap, Lanni Sopiana (2017) Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembentukan karakter guru di sekolah menengah atas (SMA) Negeri I Halongonan Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0105.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembentukan karakter guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Halongonan pada hakekatnya merupakan suatu tanggung jawab kepada kepala sekolah dalam membina sekolah dan mengontrol kinerja guru-guru Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Halongonan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan kepemimpinan kepala sekolah di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Halongonan Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara, untuk mengetahui proses pembentukan karakter guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Halongonan Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara dan untuk mengetahui kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh terhadap pembentukan karakter guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Halongonan Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Metode penelitian ini adalah dengan pendekatan kuantitatif menekankan analisis data numerical (angka) yang datanya dengan metode statistik. Rumusan statistik dalam bentuk korelasi product moment. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap pembentukan karakter guru di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri I Halongonan Penerimaan hipotesis didasarkan pada hasil perhitungan yang diperoleh dari data penelitian, yaitu rtabel sebesar 0,44415 dengan taraf signifikansi 5% dan n=25 diperoleh rtabel sebesar (0,396). Dengan demikian diperoleh rhitung > rtabel, kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi. Dengan uji signifikansi diperoleh thitung sebesar 0,1779, ttabel dengan taraf signifikansi 5% dan dk = 25-2 = 23, sehingga diperoleh ttabel sebesar 1,714. Dengan demikian diperoleh thitung > ttabel. Adapun hasil regresi diperoleh dengan persamaan ŷ =α + bx yaitu ŷ = 23837,32+0.574X, dan diperoleh thitung > rtabel yaitu 0,1779 > 1,714. .
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan Islam; guru; kepemimpinan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 04:23 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 04:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3133 |
Actions (login required)
View Item |