Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan strategi quantum teaching pada pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun

Iswin, Muhammad (2017) Pelaksanaan strategi quantum teaching pada pembelajaran pendidikan agama Islam di sekolah menengah atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0060.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Pelaksanaan Strategi Quantum Teaching Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun”, membahas tentang pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan strategi Quantum Teaching di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan strategi Quantum Teaching yang dilaksanakan oleh guru pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun?, apa sajakah kendala guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan strategi Quantum Teaching di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun?. Berdasarkan rumusan masalah penelitian ini bertujuan untuk : mengetahui pelaksanaan strategi Quantum Teaching yang dilaksanakan oleh guru pendidikan agama Islam pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun, mengetahui kendala guru pendidikan agama Islam dalam melaksanakan strategi Quantum Teaching pada pembelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Sibabangun. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif yang berusaha untuk menggambarkan objek sesuai apa adanya. Adapun sumber datanya adalah guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah, siswa dan segala sesuatu yang membantu agar penelitian ini berjalan dengan lancar. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa : Penerapan strategi Quantum Teaching dalam pembelajaran pendidikan agama Islam sudah dilaksanakan, namun belum terlaksana sepenuhnya. Adapun kendala yang ada dalam pelaksanaan strategi Quantum Teaching pada pembelajaran pendidikan Islam ini adalah penggunaan waktu, sarana dan prasarana yang kurang memadai. Solusi yang ditawarkan yaitu: guru harus mempergunakan waktu sebaik mungkin, untuk memotivasi siswa dalam proses pembelajaran yang sesuai dengan tujuan yaitu pembelajaran yang menyenangkan dan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Quantum Teaching
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 06 Jul 2020 04:35
Last Modified: 06 Jul 2020 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3130

Actions (login required)

View Item View Item