Hasibuan, Ummi Mardiah (2017) Upaya kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan minat belajar santri di pondok pesantren Darul Muhsinin Janjimanahan Kawat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0088.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Upaya kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan minat belajar santri pondok pesantren darul muhsinin janjimanahan kawat, salah satu faktor fsikologis yang akan mempengaruhi minat belajar, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana upaya kepala sekolah dalam meningkatkan minat belajar santri pondok pesantren darul muhsinin janjimanahan kawat, bagaimana upaya guru dalam meningkatkan minat belajar santri pondok pesantren darul muhsinin janjiManahan kawat, apa saja kendala kepala sekolah dalam meningkatkan minat belajar santri pondok pesantren darul muhsinin janjiManahan kawat, apa saja kendala guru dalam meningkat kanminat belajar santri pondok pesantren darul muhsinin janji Manahan kawat. Tujuan penelitian adalah kepala sekolah dan guru dalam meningkatkan minat belajar santri adalah untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan minat belajar santri pondok pesantren daarul muhsinin janjiManahan kawat, untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan minat belajar santri pondok pesantren darul muhsinin janjimanahan kawat. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan minat belajar aspek-aspek dan bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Metode penelitian yang digunakan kualitatif lapangan dengan menggunakan metode dekskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan secara sistematis fakta dan objek yang diteliti sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Setelah penelitian ini dilakukan dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan kepala sekolah adalah melalui perencanaan dan persipaan yang matang, memberikan penelitian, menggunakan banyak sumber-sumber ide, upaya yang dilakukan guru adalah variasi atau selingan, variasi dalam penggunaan media, variasi vola interaksi dan kegiatan santri, kendala yang dihadapi kepala sekolah kelangkaan atau rendahnya mutu sumber daya waktu, kurangnya dukungan kebijakan pemerintah, fasilitas, danstaf, dan kendala yang dihadapi guru adalah guru-guru dan stafnya kurang dalam bidangnya, tidak adanya perencanaan karir yang baik untuk guru, kurangnya dukungan orangtua peserta didik, lemahnya perubahan dalam sistem
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan Islam; guru; belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 06 Jul 2020 04:18 |
Last Modified: | 06 Jul 2020 04:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3125 |
Actions (login required)
View Item |