Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap laba di pt. bank muamalat Indonesia, tbk

Dalimunthe, Fachri Ali (2015) Pengaruh biaya promosi terhadap laba di pt. bank muamalat Indonesia, tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
102200011.pdf - Accepted Version

Download (2MB)

Abstract

Bank merupakan salah satu instrumen penting perekonomian modern. Peran bank sebagai intermediasi dalam lalu lintas permodalan dan pembayaran menjadi kunci pertumbuhan kegiatan ekonomi. Sejak awal kehadirannya bank telah menawarkan berbagai produknya kepada masyarakat. Kondisi ini menjadi lebih terasa dalam sistem perdagangan modern, dimana mereka yang terlibat dengan kegiatan ekonomi dan keuangan berinteraksi dengan dunia perbankan dengan berbagai model aktifitas, seperti sebagai pihak penabung, peminjam, atau pengguna jasa lainnya. Pengaruh biaya promosi terhadap laba di Bank Muamalat Indonesia, Tbk pada tahun 2011 sampai 2013. Biaya promosi yang selalu meningkat dari tahun 2011 sampai tahun 2013 dan laba juga selalu mengalami peningkatan dari tahun 2011 sampai tahun 2013, tetapi nilai perbandingan biaya promosi dari tahun 2011 sampai tahun 2013 mengalami penurunan dan nilai perbandingan laba dari tahun 2011 sampai tahun 2013 mengalami peningkatan. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui Untuk mengetahui pengaruh biaya promosi terhadap laba di Bank Muamalat Indonesia, Tbk dan penelitian ini terdiri dari dua variabel X (biaya promosi) dan variabel Y adalah (laba). Pemasaran perusahaan berusaha menghasilkan laba dari penjualan barang dan jasa yang diciptakan untuk memenuhi kebutuhan pembeli. Biaya merupakan dasar dalam penentuan harga, sebab suatu tingkat harga yang tidak dapat menutup biaya akan mengakibatkan kerugian. sebaliknya, apabila suatu tingkat harga melebihi semua biaya, baik biaya produksi, biaya operasi maupun biaya non operasi, akan rnenghasilkan keuntungan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif, tekhnik pengumpulan data melalui studi dokumen yang digunakan untuk memperoleh data biaya promosi dan laba. Dari hasil data yang diolah terdapat pengaruh antara biaya promosi dan laba di Bank Muamalat Indonesia, Tbk, hal tersebut diperoleh dari hasil uji hipotesis yang dilakukan, seperti perolehan adjusted R squere sebesar 84,3%, artinya 84,3% laba bank dipengaruhi oleh biaya promosi dan dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dimasukkan dalam model regresi. Dari hasil perhitungan regresi yang dilakukan maka diperoleh L = 3,128 + 0,868 BP, dengan kata lain biaya promosi memiliki pengaruh positif terhadap laba di Bank Muamalat Indoesia, Tbk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Biaya Promosi; Laba
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140215 Public Economics- Taxation and Revenue
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:14
Last Modified: 03 Jul 2020 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3059

Actions (login required)

View Item View Item