Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur

Dahmil, Muhammad (2016) Kemampuan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengelola Kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
093100060(1).pdf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur, apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur, untuk menemukan apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Penelitian ini menggunakan metode deskriftif kualitatif artinya mendeskrifsikan keadaan yang ditemukan di lokasi penelitian terdiri dari faktafakta, kejadian dan menggambarkan objek yang diteliti secara sistematis. Data penelitian diperoleh melalui wawancara dan observasi. Kemudian data-data tersebut dianalisa dengan menggunakan cara: (1)Mengidentifikasi kemampuan guru Pendidikan Agama Islam di SMK Negeri 1 AngkolaTimur. (2)Menemukan apa saja kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur. Dari temuan-temuan di lapangan dapat diketahui bahwa guru Pendidikan Agama islam di SMK Negeri 1 Angkola Timur telah membuat perencanaan kelas kemudian disampaikan (dikomonikasikan) kepada siswa dan pada saat pelaksanaannya diorganisir, diarahkan dan dikoordinir sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat, selajutnya dikontrol dan dievaluasi untuk mengetahui sejauh mana tujuan telah tercapai. Mengenai pengaturan ruang kelas, formasi bangku masih monoton yaitu berbentuk tradisional, namun guru mengubah format bangku ketika diskusi kelompok diadakan.Pengelolaan perilaku siswa dilakukan dengan membentuk sikap dan mengimplementasikan norma masyarakat di sekolah. Perhatian guru dan keakraban telah menciptakan suasana positif di kelas. Adapun kendala guru pendidikan agama Islam dalam mengelola kelas di SMK Negeri 1 Angkola Timur diantaranya: Guru pendidikan agama Islam di SMK Negeri 1 Angkola Timur masih terlalu monoton dalam menggunakan metode, kurangnya pengetahuan siswa terhadap hak-haknya sebagai anggota kelas disamping itu juga kurangnya pengetahuan siswa terhadap kewajibannya dan keharusannya menghormati hak-hak orang lain, kurangnya buku baca tulis Al-Qur’an (BTQ), sehingga menyulitkan para siswa dalam mengikuti pembelajaran tersebut, musollah yang hanya memanfaatkan ruang kelas, sehingga ruangan tersebut tidak cukup menampung semua siswa, yang membuat pihak sekolah perlu mengatur jadwal kegiatan secara bergiliran, belum adanya ruangan atau media pembelajaran untuk praktik khusus mata pelajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Mengelola Kelas
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 02 Jul 2020 05:04
Last Modified: 02 Jul 2020 05:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3016

Actions (login required)

View Item View Item