Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama islam dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Angkola Barat.

Melisa, Melisa (2020) Upaya guru pendidikan agama islam dan guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat jenis-jenis kenakalan yang terlihat di lapangan yakni melawan guru, perkelahian antar siswa, absen tanpa keterangan atau bolos sekolah, berpakaian tidak rapi ke sekolah, membawa hand phone ke sekolah, tidak mengerjakan tugas, selalu terlambat masuk sekolah, merokok. Untuk itu peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana upaya guru pendidikan agama Islam dan guru bimbingan konseling dalam mengatasinya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja jenis-jenis kenakalan yang dilakukan siswa SMA Negeri 1 Angkola Barat, dan bagaimana upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatakan kenakalan siswa SMA Negeri 1 Angkola Barat dan bagaimana upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Angkola Barat ?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui jenis-jenis kenakalan siswa SMA Negeri 1 Angkola Barat,untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa SMA Negeri Angkola Barat, untuk mengetahui upaya guru bimbingan konseling dalam mengatasi kenakalan siswa di SMA Negeri 1 Angkola Barat Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam, bidang bimbingan konseling dan kenakalan siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini adalah guru pendidikan agama islam, guru bimbingan konseling dengan pelengkap kepala sekolah, siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, dokumentasi, kemudian menafsirkan data, selanjutnya membuat kesimpulan dengan. Penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) jenis-jenis kenakalan yang dilakukan siswa yaitu, melawan guru, perkelahian antar siswa, absen tanpa keterangan/bolos sekolah, berpakaian tidak rapi ke sekolah, membawa hand phone ke sekolah, tidak mengerjakan tugas, selalu terlambat masuk ke sekolah, merokok. (2) upaya yang dilakukan guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kenakalan siswa adalah melalui pendidikan agama islam didalam dan diluar kelas, memberi nasehat atau teguran, ceramah dan peraktek, mengadakan pengajian setiap hari jum’at. (3) upaya guru bimbingan konseling yaitu, memanggil anak terlebih dahulu untuk pendekatan, mencari tahu permasalahan yang terjadi pada siswa, memanggil orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Guru Pendidikan Agama Islam; Guru Bimbingan Konseling; Kenakalan Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 10 Jul 2020 07:54
Last Modified: 10 Jul 2020 07:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2973

Actions (login required)

View Item View Item