Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru Raudhatul Athfal “Abdullah” dalam meningkatkan motivasi menulis dan membaca siswa di Desa Goti Padangsidimpuan Tenggara

Harahap, Herlinda Mora (2014) Peranan guru Raudhatul Athfal “Abdullah” dalam meningkatkan motivasi menulis dan membaca siswa di Desa Goti Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0096.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh di mana lembaga pendidikan Raudhatul Athfal ini termasuk pendidikan yang masih baru maka jika dilihat dari segi fasilitas, sarana dan prasarana masih belum sebanding dengan pendidikan Raudhatul Athfal yang ada di sekitar Desa Goti Padangsidimpuan. Seperti Raudhatul Athfal AlQur’an, Raudhatul Athfal Nusa Indah, Namun, siswa lulusan Raudhatul Athfal “Abdullah” mampu menyeimbangi kemampuan menulis dan membaca siswa dari lembaga tersebut. Hal itu menarik minat peneliti untuk meneliti bagaimana Peranan Guru Raudhatul Athfal “Abdullah” Dalam Meningkatkan Motivasi Menulis Siswa Di Desa Goti Padangsidimpuan Tenggara. Pendidikan Raudhatul Athfal adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan pada anak sejak lima tahun sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Fokus penelitian ini adalah Peranan Guru Raudhatul Athfal “Abdullah” Dalam Meningkatkan Motivasi Menulis Siswa Di Desa Goti Padangsidimpuan Tenggara yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penyusunan penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mengetahui kebenaran datadata yang akurat. Sedangkan sumber data yang digunakan data primer yaitu Guru Raudhatul Athfal “Abdullah” dan data skunder yang berasal dari kepala sekolah, dan orang tua siswa. Selanjutnya dari hasil penelitian peranan yang dilaksanakan guru Raudhatul Athfal “Abdullah” di Desa Goti Padangsidimpuan Tenggara untuk meningkatkan motivasi menulis dan membaca adalah guru sebagai Guru perencana, fasilitator, Sebagai Sumber Belajar, Guru Sebagai Pengelola, Guru Sebagai Demonstator, Guru Sebagai Pembimbing, Guru Sebagai Motivator. Motivasi yang dilaksanakan adalah Memberikan angka, Hadiah, Kompetensi ,Menumbuhkan kesadaran pada anak akan pentingnya menulis dan membaca, Memberikan ulangan, Pujian, Hukuman, Menggunakan berbagai metode, setrategi dan alat belajar yang bervariasi sehingga anak merasa senang. Dan upaya yang dilakukan Merencanakan dan menyiapkan lingkungan belajar yang menyenangkan, Memberikan kesempatan, Memberikan materi yang menarik perhatian, memberikan motivasi dan bimbingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peranan; guru; motivasi
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:56
Last Modified: 01 Jul 2020 04:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2954

Actions (login required)

View Item View Item