Saleha, Siti (2014) Peran pembelajaran micro teaching dalam upaya membentuk calon guru di IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0039.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Adapun masalah yang diangkat dalam penulisan skripsi ini adalah apa saja peran micro teaching dalam upaya membentuk calon guru di IAIN Padangsidimpuan, bagaimana pelaksanaan pembelajaran micro teaching dalam upaya membina calon guru di IAIN Padangsidimpuan, apa saja hambatan-hambatan yang dialami oleh calon guru dalam pelaksanaan pembelajaran micro teaching di IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penulisan skripsi ini untuk mengetahui apa saja peran pembelajaran microteachingdalam upaya membentuk calon guru di IAIN Padangsidimpuan, untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran micro teaching dalam upaya membina calon guru di IAIN Padangsidimpuan, apa saja hambatan-hambatan yang dialami oleh calon guru dalam pelaksanaan pembelajaran micro teaching di IAIN Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif,yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Adapun subyek penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa aktif yang telah mengikuti kegiatan pembelajaran micro teaching di IAIN Padangsidimpuan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI) tahun ajaran 2013/2014. Hasil penelitian bahwa:Berbagai jenis yang diperankan micro teaching dalam upaya membentuk calon guru, yang dimulai dari mempelajari keterampilan dasar keguruan hingga praktek. Pelaksanaan yang dilakukan dalam micro teachingdiadakan 3 kali tapi ada yang 4-5 kali dengan tujuan untuk melatih calon guru agar lebih mantap penguasaannya. Banyak kesulitan dan hambatan yang dirasakan calon guru ketika praktek yang dimulai sejak diadakan perencanaan, baik itu yang menyangkut dengan pembuatan RPP sebanyak berapa kali praktek dengan materi yang berbeda, menyiapkan materi, bagaimana menggunakan berbagai metode, strategi, mengelola kelas, menggunakan media dan rasa tidak percaya diri. Untuk menghadapi hambatan dan kesulitan satu-satunya cara harus melewatinya agar kesulitan bisa teratasi. Seperti halnya hambatan yang dihadapi dalam praktek tanpa adanya keberanian tidak akan diketahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki, dan dengan kesalahan yang dilakukan akan diketehui cara mengatasi atau memperbaikinya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Micro teaching; calon guru |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 04:38 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 04:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2950 |
Actions (login required)
View Item |