Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya guru pendidikan agama Islam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal

Susanti, Mila (2014) Upaya guru pendidikan agama Islam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini, yaitu apa saja upaya guru Pendidikan Agama Islam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal, apa saja kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal. Dan bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam memotivasi siswa di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal. Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya apasa saja yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal, mengetahui kendala guru Pendidikan Agama Islam memotivasi siswa dalam proses pembelajaran di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal dan mengetahui upaya guru Pendidkan Agama Islam menanggulangi kendala yang dihadapi dalam memotivasi siswa di MAN Natal Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan pendekatan yang berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamanti dan diolah dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yang menggambarkan keadaan yang sebenarnya dilapangan secara murni dan apa adanya. Upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa di MAN Natal para guru melakukan berbagai upaya, di antaranya: memberikan angka/penilaian, memberikan hadiah bagi siswa yang berprestasi atau memiliki nilai tertinggi, memberi ulangan, memberi hasil/ mengembalikan kertas kerja siswa untuk mereka ketahui hasil kerjanya, memberi pujian, kompetisi/saingan dengan melaksanakan berbagai perlombaan, memberikan hukuman bagi para siswa yang melanggar peraturan sekolah dan bagi siswa yang tidak mengerajakan tugas, dan memberikan nasehat. Kendala guru Pendidikan Agama Islam dalam upaya memberikan motivasi dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Natal adalah kurangnya fasilitas yang berbentuk alat peraga, terbatasnya media pembelajaran khususnya untuk materi Pendidikan Agaam Islam dan waktu yang tersedia tidak mencukupi dengan materi Pendidikan Agama Islam yang banyak. Untuk mengatasi kendala yang dihadapi guru Pendidikan Agama maka guru Pendidikan Agama Islam menciptakan alat peraga sederhana. Pemanfaatan media yang ada dengan kreativitas guru yang baik dan pemanfaatan waktu di luar jam pelajaran Pendidikan Agama Islam dalam bentuk belajar tambahan, membuat tugas rumah, meringkas mata pelajaran, praktek ibadah dan membentuk kelompok diskusi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pendidikan agama Islam; guru; pembelajaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 01 Jul 2020 04:35
Last Modified: 01 Jul 2020 04:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2949

Actions (login required)

View Item View Item