Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang di pasar baru Panyabungan untuk menabung di Bank Syariah

Hidayah, Nur (2019) Faktor-faktor yang mempengaruhi minat pedagang di pasar baru Panyabungan untuk menabung di Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 401 00309.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah minimnya minat pedagang untuk menabung di bank syariah sementara, mayoritas pedagang di Pasar baru Panyabungan adalah Muslim, pelayanan dan promosi juga telah dilakukan oleh bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor religiusitas, pelayanan dan promosi mempengaruhi minat pedagang Pasar Baru Panyabungan Untuk Menabung di Bank Syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah religiusitas, pelayanan dan promosi terhadap minat menabung. Semakin tinggi religiusitas seseorang maka semakin tinggi pula minat menabung mereka di bank syariah. Jika kualitas pelayanan semakin tinggi maka akan berpengaruh positif terhadap minat menabung nasabah. Jika persepsi nasabah tentang promosi meningkat maka akan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menabung nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini dipilih menggunakan random sampling. Berdasarkan hasil angket yang dibagikan kepada pedagang Pasar Baru Panyabungan didapatkan jumlah sampel 84 pedagang. Teknik analisis data yang digukan adalah data primer, regresi linear berganda. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), analisis regresi linear berganda, uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel religiusitas memiliki thitung > ttabel (1,819 < 1,990) artinya tidak terdapat pengaruh religiusitas terhadap minat menabung. Variabel pelayanan memiliki thitung > ttabel (2,065 > 1,990) artinya terdapat pengaruh pelayanan terhadap minat menabung. Variabel promosi memiliki thitung > ttabel (2,563 > 1,990) artinya terdapat pengaruh promosi terhadap minat menabung. Sedangkan secara simultan variabel religiusitas, pelayanan dan promosi memiliki pengaruh terhadap minat menabung sebesar Fhitung > Ftabel (10,340 > 2,72). Sedangkan uji determinasi R Square variabel sebesar 28,2% sedangkan 71,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang peneliti tidak cantumkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: religiusitas; pelayanan; promosi; minat
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 29 Jun 2020 04:45
Last Modified: 29 Jun 2020 04:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2808

Actions (login required)

View Item View Item