Riani, Hilda (2018) Persepsi pedagang kecil di Pasar Baru Panyabungan terhadap produk rahn (studi kasus di PT. Pegadaian (Persero) Unit Pelayanan Syariah Madina). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 220 0060.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengamatan peneliti mengenai pandangan para pedagang kecil terhadap produk rahn yang ada di Pegadaian Syariah. Pedagang kecil yang ada di Pasar Baru Panyabungan mereka tidak mengetahui adanya pegadaian syariah di samping Pasar Baru tersebut dan mereka juga tidak mengetahui jasa apa saja yang diberikan oleh Pegadaian Syariah.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi pedagang kecil di Pasar Baru Panyabungan terhadap produk rahn yang ada di Pegadaian Syariah Unit Madina. Kegunaan penelitian ini untuk memberikan pemahan tentang pegadaian syariah dan produk-produk pegadaian syariah pada pedagang kecil yang ada di Pasar Baru Panyabungan. Ruang lingkup teori-teori keilmuan yang digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini yaitu, teori persepsi adalah pendapat seseorang terhadap realita yang dilihat dan dirasakan pada saat itu terjadi. Teori pedagang kecil adalah pedagang yang membeli barang produksi untuk di jual kembali dalam kapasitas lebih kecil dari pada pedagang menengah dan para pedagang memliki modal yang relative kecil. Teori produk rahn adalah salah satu produk pembiayaan syariah untuk membantu dalam pemberian modal dalam bentuk uang pada nasabah yang membutuhkan dengan syarat penahanan agunan yang biasa berupa emas, perhiasan dan berlian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumbar data primer. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan intrumenya itu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan cara studi kasus kualitatif. Teknik pengecekan keabsahan data yaitu triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Hasil dari penelitian ini adalah Persepsi pedagang kecil di Pasar Baru Panyabungan Madina terhadap produk rahn yang ada di Unit Pegadaian Syariah Madina adalah dari beberapa yang sudah menggunakan pembiayaan rahn mereka berpendapat bahwa sangat memberikan dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan penjualan dan uasahanya. Bagi beberapa pedagang yang belum menggunakan pembiayaan rahn mereka justru tertarik ingin menggunakannya setelah dilakukannya pemasaran oleh karyawan pegadaian syariah. Bagi sebagian yang tidak tertarik menggunakan pembiayaan rahn adalah para pedagang yang tidak tetap pada pekerjaanya (berdagang untuk sementara) hanya untuk sementara. Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi pedagang kecil terhadap produk rahn yang didominasi fakror internal dansituasi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Persepsi pedagang kecil |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012705 al-Rahn (Pergadaian) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 29 Jun 2020 03:15 |
Last Modified: | 29 Jun 2020 03:15 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2792 |
Actions (login required)
View Item |