Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh produk pelayanan dan promosi terhadap minat menabung pedagang di pasar Sagumpal Bonang Padangsidimpuan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.Kc Padangsidimpuan

Andira, Ayu (2019) Pengaruh produk pelayanan dan promosi terhadap minat menabung pedagang di pasar Sagumpal Bonang Padangsidimpuan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk.Kc Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100010.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di pasar sangkumpal bonang padangsidimpuan. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya pengetahuan pedagang tentang produk yang ada pada Bank Muamalat Indonesia, dan promosi yang dilakukan bank kurang menarik pedagang untuk menabung di bank syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh produk, pelayanan, dan promosi terhadap minat menabung pedagang di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KC. Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang produk, pelayanan, dan promosi terhadap minat menabung pedagang di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KC. Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah 870 pedagang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket dengan jumlah 20 item pertanyaan. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik incidental sebanyak 87 orang. Pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS 23. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, Linieritas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa variabel produk memiliki nilai thitung < ttabel = (9,873>1,989), artinya terdapat pengaruh produk terhadap minat menabung. Pelayanan memiliki nilai thitung >ttabel = (2,370>1,989), artinya terdapat pengaruh pelayanan terhadap minat menabung. Promosi memiliki nilai thitung >ttabel = (1,755 < 1,989), artinya tidak terdapat pengaruh promosi terhadap minat menabung pedagang di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KC. Padangsidimpuan. Sedangkan uji determinasi R2 square variabel sebesar 61,5 persen yang dipengaruhi oleh variabel dalam penelitian ini sedangkan 38,5 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Sedangkan secara simultan variabel produk, pelayanan, dan promosi memiliki pengaruh terhadap minat menabung pedagang di pasar Sangkumpal Bonang Padangsidimpuan Pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. KC. Padangsidimpuan uji F menghasilkan Fhitung > Ftabel =51,334 > 2,71 dan untuk nilai signifikan sebesar 0,000 sehingga nilai signifikan <0,05 (0,000< 0,05) maka Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Produk; Pelayanan; Promosi; Minat Menabung
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 25 Jun 2020 09:00
Last Modified: 16 Jul 2020 12:21
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item View Item