Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menggunakan jasa perbankan syariah (studi kasus Desa Pudun Julu Kec, Padangsidimpuan Batunadua)

Harahap, Raja Zainal Abidin (2019) Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi minat masyarakat menggunakan jasa perbankan syariah (studi kasus Desa Pudun Julu Kec, Padangsidimpuan Batunadua). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100165.pdf - Accepted Version

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa minimnya minat masyarakat Desa Pudun Julu menggunakan jasa perbankan syariah. Desa Pudun Julu merupakan daerah strategis dengan akses jalan yang baik dan terjangkau transportasi umum. Sedangkan pada praktiknya masyarakat memilih bank konvensional dalam bertransaksi keuangan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh lokasi, pengetahuan produk, dan promosi terhadap minat masyarakat Desa Pudun Julu menggunakan jasa perbankan syariah. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh lokasi, pengetahuan produk, dan promosi terhadap minat masyarakat Desa Pudun Julu menggunakan jasa perbankan syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu lembaga keuangan bank dan perilaku konsumen, sehingga pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan lokasi, pengetahuan produk, promosi dan minat masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sampel penelitian ini sebanyak 166 responden. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, dan uji F. Berdasarkan hasil uji R square sebesar 0,140 artinya lokasi, pengetahuan produk, dan promosi mempengaruhi minat masyarakat sebesar 14 persen sedangkan sisanya 86 persen dipengaruhi oleh variabel lain. Pada uji t terdapat pengaruh lokasi secara parsial dengan thitung > ttabel (2,189 > 1,974) dan pengetahuan produk dengan thitung > ttabel (5,078 > 1,974) terhadap minat masyarakat menggunakan jasa perbankan syariah. Sedangkan variabel promosi thitung < ttabel (0,329 < 1,974) tidak berpengaruh secara parsial. Adapun variable lokasi, pengetahuan produk, dan promosi secara simultan mempengaruhi minat masyarakat menggunakan jasa perbankan syariah dengan Fhitung > Ftabel (9,971 > 2,66).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Lokasi; Pengetahuan Produk; Promosi; Minat Masyarakat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140213 Public Economics- Public Choice
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 25 Jun 2020 04:45
Last Modified: 25 Jun 2020 04:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2698

Actions (login required)

View Item View Item