Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan dan pembiayaan Muḍārabah terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan

Siregar, Rasmi Delvi (2019) Pengaruh kualitas pelayanan dan pembiayaan Muḍārabah terhadap kepuasan nasabah pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 401 00025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Berdasarkan data statistik bank Indonesia tahun 2019, terdapat 14 Bank Umum Syariah (BUS), 20 Unit Usaha Syariah (UUS), dan 165 Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Sedangkan berdasarkan Customer Satisfaction Index pada tahun 2014 Bank Syariah Mandiri menempati peringkat ke-8 yang mana relatif mengalami penurunan sejak tahun 2011 yang menempati pada peringkat pertama. Rumusan masalah apakah ada pengaruh kualitas pelayanan dan pembiayaan muḍārabah terhadap kepuasan nasabah pada PT. BSM Cabang Padangsidimpuan, apakah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan pembiayaan muḍārabah terhadap kepuasan nasabah PT. BSM Cabang Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini, Apabila tingkat kepuasan nasabah tinggi akan meningkatkan loyalitas nasabah sehingga mereka tidak akan pindah ke bank lainnya, sebaliknya apabila tingkat kepuasan rendah akan meyebabkan kekecewaan pada nasabah sehingga mereka akan memilih bank lainnya yang memiliki tingkat kepuasan yang lebih menjanjikan. Dalam penelitian ini yang menjadi variabel independennya adalah kualitas pelayanan dan pembiayaan muḍārabah. Adapun variabel dependennya adalah kepuasaan nasabah. Dimana ketika ada kualitas pelayanan yang baik dan produk pembiayaan muḍārabah dapat meningkatkan kepuasan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Data yang diperoleh melalui penyebaran angket dan wawancara. Dianalisis dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23 dengan menggunakan metode analisis uji normalitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, uji hipotesis. Hasil uji parsial (uji t) menyatakan bahwa, kualitas Pelayanan terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel kualitas pelayanan dengan kepuasan nasabah, serta nilai thitung positif artinya kualitas pelayanan berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan untuk pembiayaan muḍārabah terdapat pengaruh dan signifikan antara variabel pembiayaan muḍārabah dengan kepuasan nasabah, serta nilai thitung positif artinya pembiayaan muḍārabah berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah. Sedangkan dengan cara simultan kualitas pelayanan dan pembiayaan muḍārabah berpengaruh terhadap kepuasan nasabah yang dibuktikan dengan Fhitung >Ftabel (97,157>1,77). Kemudian nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,674 atau 67,4% artinya variabel kualitas pelayanan dan pembiayaan muḍārabah memengaruhi kepuasan nasabah sebesar 67,4%, sedangkan sisanya 32,6% dijelaskan oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas Pelayanan; Pembiayaan Muḍārabah; Kepuasan Nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012703 al-Murabahah
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 25 Jun 2020 03:10
Last Modified: 25 Jun 2020 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2680

Actions (login required)

View Item View Item