Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat menggunakan produk bank syariah

Harahap, Maimuna (2019) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat menggunakan produk bank syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540100136.pdf - Accepted Version

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebiasaan masyarakat yang menggunakan bank konvensional dan sedikitnya jumlah masyarakat Desa Batu Hula Kecamatan Batangtoru yang menggunakan bank syariah. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat yaitu diantaranya faktor budaya, faktor sosial, dan faktor pribadi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui adakah pengaruh secara parsial antara faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan produk bank syariah, dan untuk mengetahui secara simultan antara faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi terhadap keputusan masyarakat untuk menggunakan produk bank syariah. Penelitian ini berkaitan dengan teori mengenai faktor-faktor yang memengaruhi keputusan masyarakat maupun konsumen dalam mengambil keputusan, dalam teori nya Nugroho J, Setiadi dalam bukunya yang berjudul perilaku konsumen perspektif kontemporer pada tujuan, dan keinginan konsumen, faktor-faktor yang memengaruhi perilaku konsumen ada empat diantaranya yaitu: faktor budaya, faktor sosial, faktor pribadi dan faktor psikologis, namun dalam penelitian ini yang menjadi variabel independennya hanya tiga yaitu, variabel faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, data yang diperoleh dari penyebaran angket, kemudian data diolah dengan menggunakan SPSS Versi 22. Data yang diolah dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji multikolinearitas, uji heterokedastisitas, dan uji autokorelasi, uji parsial atau uji t, dan uji simultan ata uji F. Kemudian uji analisis regresi berganda dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil penelitian variabel faktor budaya secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan masyarakat, hal ini dibuktikan pada hasil penelitian uji hipotesis bahwa variabel faktor budaya memiliki thitung > ttabel (3,932 > 1,69726) maka H0 ditolak dan Ha diterima Dan variabel faktor sosial secara parsial berpengaruh terhadap keputusan masyarakat, hal ini di buktikan pada hasil penelitian uji hipotesis bahwa variabel faktor sosial memiliki thitung> ttabel (1,726 > 1,69726) maka Haditolak dan H0 diterima. Dan variabel faktor pribadi secara parsial tidak berpengaruh terhadap keputusan masyarakat, hal ini dibuktikan dengan uji hipotesis bahwa variabel faktor budaya memiliki thitung < ttebel (0,188 > 21,69726). Kemudian variabel faktor budaya, faktor sosial dan variabel faktor pribadi secara simultan berpengaruh terhadap keputusan masyarakat dengan hasil Fhitung > Ftabel (23,362 > 2.28). maka H0 ditolak dan Ha diterima. Dari uji determinasi diperoleh Adjusted R Square sebesar 67% ditentukan oleh faktor budaya, faktor sosial dan faktor pribadi dan sisanya 33% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Faktor Budaya; Faktor Sosial; Faktor Pribadi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140303 Economic Models and Forecasting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 25 Jun 2020 02:47
Last Modified: 25 Jun 2020 03:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2679

Actions (login required)

View Item View Item