Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu

Harahap, Jumroh Amina (2019) Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 201 00142.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa di MTs Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat siswa/i di MTs masih kurang mampu dalam baca tulis Al-Qur’an dengan baik dan benar, disebabkan karena adanya kendala, siswa kurang berminat dalam baca tulis Al-Qur’an dengan sungguh-sungguh, sehingga diperlukan upaya guru untuk meningkatkan baca tulis Al-Qur’an dengan pembahuruan dalam bidang pelaksanaan dan metode pembelajaran baca tulisAl-Qur’an. Rumusan masalah penelitian ini bagaimana pelaksanaan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an di MTs PondokPesantrenAth-Thohiriyah Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu, dan Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan pembelajaran baca tulis al-qur’an di Mts Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Adapun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran baca Al-Qur’an dan metode pembelajaran baca Al-Qur’an di MTs Pondok Pesantren Ath-Thohiriyah Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhan Batu. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, yakni dengan menggambarkan data yang diperoleh dilapangan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, bahwa pelaksanaan pembelajaran baca tulisAl-Qur’an diadakan untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al-qur’an siswa, yang dilaksanakan dua kali pertemuan dalam seminggu, setelah proses belajar mengajar selesai. Adapun upaya guru dalam meningkatkan baca tulis al-qur’an siswa yaitu Menanamkan kecintaan kepada Al-Qur’an, yaitu memberikan motivasi kepada siswa, Mengelompokkan siswa berdasarkan tingkat kemampuannya, Melakukan bimbingan individual, Menumbuhkan kompetisi antar siswa dan siswi. Metode diantaranya metode amma, tartil, metode praktek, metode hafalan, dan metode tasmi’ yang dapat meningkatkan pembelajaran baca tulis Al-Qur’an siswa dan siswi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran baca tulis Al-Qur’an
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 24 Jun 2020 02:59
Last Modified: 24 Jun 2020 02:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2620

Actions (login required)

View Item View Item