Fitriah, Hanifatul (2019) Pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat menabung masyarakat Desa Pidoli di Bank Syariah Mandiri Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 401 00150.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi pada kenyataanya saat ini masih banyak masyarakat di desa Pidoli Kecamatan Panyabungan belum mengenal produk-produk bank syariah dan banyak juga yang belum mengetahui bagaimana pelayanan yang diberikan bank syariah itu, sehingga banyak yang mengira bahwa syariah itu hanya label. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat menabung masyarakat desa Pidoli di Bank Syariah Mandiri Panyabungan. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tentang pengaruh produk dan pelayanan terhadap minat menabung masyarakat desa Pidoli di Bank Syariah Mandiri Panyabungan. Penelitian ini berkaitan dengan bidang-bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan pendekatan yang dilakukan dalam teori-teori yang bersangkutan dengan produk, pelayanan dan minat menabung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskritif dengan sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan angket dengan jumlah sampel 51 orang terdiri dari: Pensiunan, Pengawai Negeri Sipil, Guru dan Pengusaha di desa Pidoli Kecamatan Panyabungan. Analisis data menggunakan uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik, analisis linear berganda, uji t, dan uji F. Dengan menggunakan program SPSS Versi 22, diperoleh hasil pengukuran secara parsial (uji t) variabel produk mempunyai pengaruh terhadap minat menabung dengan nilai thitung > ttabel (5,503 > 0,67964) dan nilai Sig. < α (0,05 < 0,1). Menunjukkan bahwa setiap kenaikan produk satuan maka akan meningkatkan minat menabung bagi Bank Syariah di Panyabungan sebesar 5,503 satuan. Hasil penelitian secara parsial (uji t) variabel pelayanan mempunyai pengaruh terhadap minat menabung dengan nilai thitung> ttabel (1,588 > 0,67964) dan nilai Sig. < α (0,05 < 0,1). Menunjukkan bahwa setiap kenaikan pelayanan satuan maka akan meningkatkan minat menabung bagi Bank Syariah di Panyabungan sebesar 1,588 satuan. Hasil penelitian secara simultan (uji f) menunjukkan bahwa variabel produk dan pelayanan mempunyai pengaruh terhadap minat menabung bagi Bank Syariah di Panyabungan dengan Fhitung > Ftabel (15,598 > 3,19) dan nilai Sig.< 0,1 (0,000 < 0,1).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Produk; Pelayanan; Minat menabung |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 08:37 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 08:37 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2596 |
Actions (login required)
View Item |