Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh modal inti dan modal pelengkap terhadap capital adequacy ratio (CAR) pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018

Simatupang, Arjun Rivai (2019) Pengaruh modal inti dan modal pelengkap terhadap capital adequacy ratio (CAR) pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 401 00187.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Berdasarkan data yang diperoleh dari laporan keuangan PT. BNI Syariah periode 2011-2018 terjadi peningkatan nilai CAR tidak sejalan dengan peningkatan modal tetapi adanya peningkatan CAR sedangkan modal mengalami penurunan pada tahun 2012, 2016 dan 2018. Penurunan nilai CAR tidak sejalan dengan penurunan modal tetapi adanya penurunan nilai CAR sedangkan modal mengalami peningkatan pada tahun 2017. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh variabel modal inti dan modal pelengkap secara parsial dan simultan terhadap CAR pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018. Dengan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variabel modal inti dan modal pelengkap secara parsial dan simultan terhadap CAR pada PT. BNI Syariah periode 2011-2018. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan modal yaitu analisis laporan keuangan menggunakan rasio CAR. Teori-teori yang dipaparkan dalam penelitian ini adalah Capital Adequacy Ratio (CAR), modal inti dan modal pelengkap. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan menggunakan data sekunder dan bentuk time series dari tahun 2011 sampai 2018 sebanyak 32 sampel. Analisis data yang digunakan adalah uji analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji autokolerasi), uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji F) dan uji R2. Hasil penelitian secara parsial (uji t) modal inti tidak memiliki pengaruh secara parsial terhadap CAR yang dibuktikan dengan thitung < ttabel yaitu (1,296 < 2,045), dan modal pelengkap memiliki pengaruh negatif terhadap CAR yang dibuktikan dengan thitung > ttabel yaitu (-2,849> -2,045). Sedangkan secara simultan variabel modal inti dan modal pelengkap memiliki pengaruh secara simultan (bersama-sama) terhadap CAR dibuktikan dengan Fhitung > Ftabel yaitu (4,060 > 3,33). R Square dalam penelitian ini sebesar 21,9 persen yang berarti bahwa variabel modal inti dan modal pelengkap mampu menjelaskan variabel CAR sebesar 21,9 persen dan sisanya sebesar 78,1 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Modal Inti; Modal Pelengkap; Capital Adequacy Ratio (CAR)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 23 Jun 2020 08:30
Last Modified: 23 Jun 2020 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2593

Actions (login required)

View Item View Item