Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran produk tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. cabang Padangsidimpuan

Nasution, Miswar Afandi (2019) Analisis strategi pemasaran produk tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 401 00104.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penurunan jumlah nasabah produk tabungan prima, tabungan rencana, tabungan ib hijrah dan tabunganku pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dari tahun 2016-2018 disebabkan karena pengaplikasian strategi pemasaran yang terdiri dari product (produk), price (harga), place (lokasi), promotion (promosi), people (karyawan), physical evidence (bukti fisik) dan process (proses) terhadap produk tabungan belum diterapkan secara optimal dan tidak sesuai dengan teori, sehingga menyebabkan berpindahnya nasabah ke bank syariah lain. Dan tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk tabungan di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan dengan menggunakan 7P. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekataan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan produk tabungan, dan strategi pemasaran yang menggunakan 7P. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan, objek penelitian adalah strategi pemasaran produk tabungan dengan data diperoleh langsung dari informan penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi dan tinjauan pustaka. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan reduksi data, mengumpulkan data, menyusun data, mengkategorikan data, penafsiran data dan penarikan kesimpulan dan teknik pengecekan keabsahan data dengan menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran dengan menggunakan 7P belum optimal dilakukan untuk memasarkan produk tabungan karena strategi place masih kurang strategis, dan strategi promotion perlu lagi ditingkatkan, dan strategi physical evidence masih kurang memuaskan nasabah. Dengan hal ini mengakibatkan banyak nasabah beralih dan pindah ke bank syariah lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi pemasaran; Produk tabungan
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 23 Jun 2020 08:25
Last Modified: 23 Jun 2020 08:25
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2591

Actions (login required)

View Item View Item