Harahap, Guslina Putri (2019) Faktor-faktor yang memengaruhi pangsa pasar Perbankan Syariah di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 401 00089.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Fungsi dan peranan perbankan syariah di Indonesia sangatlah penting, maka pihak bank syariah perlu meningkatkan kinerjanya agar tercipta perbankan dengan prinsip syariah yang sehat, efektif dan efisien. Pangsa pasar dapat digunakan untuk mengukur kinerja bank syariah yang terbilang baru di Indonesia. Semakin besar pangsa pasar perbankan syariah di Indonesia, semakin besar pula peran dan fungsinya bagi perekonomian nasional. Pangsa pasar perbankan syariah dipengaruhi oleh faktor kuantitatif pangsa pasar yaitu kinerja keuangan bank syariah yaitu ROA sebagai X1 menggambarkan perputaran aktiva diukur dari penjualan. Semakin besar rasio ini maka semakin baik dan hal ini berarti bahwa aktiva dapat lebih cepat berputar dan meraih laba. Dan semakin besar CAR sebagai X2 maka pangsa pasar yang dicapai bank syariah akan semakin besar, karena semakin besar CAR maka semakin tinggi kemampuan permodalan bank dalam menjaga kemungkinan timbulnya risiko kerugian kegiatan usahanya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif. Teknik analisis data menggunakan metode regresi linier berganda, dengan uji normalitas, uji multikolenearitas, uji autokolerasi, uji heteroskedastisitas, uji determinasi, uji t, dan uji F. Jumlah sampel sebanyak 48 sampel. Proses pengolahan data menggunakan program komputer yaitu SPSS versi 23,00. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa thitung sebesar 0,485 < ttabel ROA sebesar 1,67943 thitung ROA < ttabel = Ha1 ditolak dan Ho1 diterima, maka ROA tidak berpengaruh positif terhadap pangsa pasar perbankan syariah. Sedangkan thitung CAR sebesar 5,892 > ttabel sebesar 1,67943 = Ho2 ditolak Ha2 diterima, maka variabel CAR terdapat pengaruh yang positif terhadap pangsa pasar bank syariah. Dan terdapat pengaruh antara ROA dan CAR secara positif terhadap pangsa pasar perbankan syariah dengan Fhitung (47,477) > Ftabel (3,20) artinya H0 ditolak dan Ha diterima dengan nilai R Square sebesar 0,824 atau sebesar 82,4 persen, sedangkan 17,6 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pangsa pasar; ROA; CAR |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 08:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 08:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2589 |
Actions (login required)
View Item |