Nasution, Pardamean (2019) Strategi pemasaran kredit pemilikan rumah (KPR) pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsdimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00110.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Bank syariah adalah lembaga keuangan yang berfungsi memperlancar kegiatan usaha berdasarkan prinsip syariah, yaitu aturan perjanjian berdasarkan hukum Islam antara bank dan pihak lain untuk penyimpanan dana, kegiatan usaha, pembiayaan dan jasa-jasa bank dalam lalu lintas perkembangan dan sekaligus menjawab tantangan investasi. Oleh sebab itu Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan berbagai inovasi produk dan jasa perbankan, salah satunya adalah produk KPR griya. Produk Kredit Pemilikan Rumah Griya di PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan masih belum memenuhi target yang diinginkan oleh bank, hal ini terjadi karena kurang efektifnya strategi pemasaran yang dilakukan oleh pihak PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsdimpuan Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk KPR Griya Pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsdimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain berkaitan dengan pengertian strategi, pemasaran, strategi pemasaran, tujuan pemasaran, tujuan strategi pemasaran, konsep pemasaran, konsep pemasaran syariah, pemasaran dalam islam, pembiayaan, fungsi pembiayaan KPR Griya. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yaitu suatu metode dalam penelitian status kelompok manusia, Teknik pengumpulan data yang digunkan peneliti adalah dengan menggunakan wawancara dengan salahsatu karyawan PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsdimpuan. Hasil penelitian dan pembahasan yang telah peneliti lakukan, strategi yang dilakukan Bank Sumut Syariah adalah dengan menerapkan konsep produksi, produk, penjualan, pemasaran, pemasaran kemasyarakatan, serta dengan menerapkan empat unsur yang terdapat pada bauran pemasaran atau Marketing Mix yakni strategi produk, strategi harga, strategi distribusi, dan strategi promosi dengan berbagai macam cara seperti melakukan inovasi gabungan antara KPR yang memberikan peluang bagi nasabah untuk mendapat cicilan relatif ringan, membuat brosur, bekerja sama dengan developer- developer, melakukan promosi penjualan ke dinas ketenagakerjaan PNS ( pegawai negri sipil ),serta melakukan penjualan pribadi (personal selling). Faktor yang mempengaruhi menurunnya jumlah nasabah atau tidak tercapainya target penyaluran KPR Griya dipengaruhi oleh berbagai faktor yang berasal dari lingkungan internal dan lingkungan external
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | strategi pemasaran; kredit pemilikan rumah (KPR) |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 08:20 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 08:20 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2588 |
Actions (login required)
View Item |