Rizki, Nujulia (2019) Penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe student team achievement divisions (stad) dalam meningkatkan hasil belajar sejarah kebudayaan islam pada materi khulafaur rasyidin kelas VII MTs Al-Hakimiah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
1520100062.pdf - Accepted Version Download (2MB) |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat siswa terhadap pelajaran SKI, karena metode yang digunakan guru SKI adalah metode ceramah dan berpusat pada guru, sedangkan siswa menjadi pendengar yang pasif, hal demikian membuat siswa mudah bosan, sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Oleh karena itu strategi yang diterapkan selama ini perlu diubah, Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD, karena startegi ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menerapkanstrategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam pada materi Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs Al- Hakimiah?”. Tujuan dalam penellitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran SKI materi Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs Al- Hakimiah. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus, setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil peneliti yang telah dilakukan di MTs Al-Hakimiah diperoleh hasil pencapaian model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar SKI pada materi Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs Al-Hakimiah yang berjumlah 41 siswa. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil rekapitulasi hasil tes yang diberikan dari siklus 1 dan siklus II diperoleh nilai ratarata dan ketuntasan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dinyatakan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan materi Khulafaur Rasyidin dapat dilihat berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa. Langkah awal pada pra siklus yang dilakukan oleh peneliti hasil belajar mencapai 12,19%. Pada tindakan siklus 1 meningkatkan menjadi 29,26 sedangkan tes tindakan siklus II mencapai 85,36%, sedangkan tes tindakan pra siklus dan siklus 1 dan II mengenai hasil belajar mencapai 97,56%, maka dari itu dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode STAD pada materi pokok bahasan Khulafaur Rasyidin dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hakimiah Paringgonan Kecamatan Ulu Barumun Kabupaten Padang Lawas. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian yang dilaksanakan, maka peneliti mengambil kesimpulan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar SKI pada materi Khulafaur Rasyidin kelas VII MTs Al-Hakimiah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Pembelajaran Kooperatif; Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130302 Comparative and Cross-Cultural Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 23 Jun 2020 02:55 |
Last Modified: | 23 Jun 2020 02:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2551 |
Actions (login required)
View Item |