Ritonga, Diva Wiranti (2019) Faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan nasabah menggunakan produk gadai emas syariah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 401 00174.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Produk-produk berbasis syariah semakin berkembang di Indonesia, tidak terkecuali produk gadai, maka perusahaan berusaha mempertahankan nasabah agar tidak beralih ketempat lain. Berdasarkan latar belakang masalah penelitian ini bahwa total nasabah mengalami penambahan tetapi jumlah penambahan nasabah tiap tahunnya berkurang, dan adanya ketidakpuasan nasabah dalam menggunakan produk gadai emas di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Hal ini disebabkan karenaa persaingan antar bank yang semakin meningkat sehingga masih perlu untuk meningkatkan kualitas pelayanan dengan nasabah, promosi yang di lakukan oleh pihak bank serta lokasi yang strategis dan aman agar terwujudnya kepuasan nasabah.Rumusan masalah penelitian ini apakah ada pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk gadai emas syariah di PT. Bank Syariah Mandiri, Cabang Padangsidimpuan secara parsial dan simultan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan nasabah dalam menggunakan produk gadai emas syariah di PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan secara parsial dan simultan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang gadai emas syariah, kepuasan nasabah, kualitas pelayanan, promosi dan lokasi. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 95 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik convenience sampling.Pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner),dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji t dan uji F, dan uji koefisien determinasi, dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil uji koefisien determinasi pengaruh kualitas pelayanan, promosi dan lokasi terhadap kepuasan nasabah sebesar 0,211 atau (21,1%) sedangkan sisanya sebesar 0,789 atau (78,9%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak masuk dalam penelitian ini. Dan secara parsial kualitas pelayanan mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung >ttabel (2,103> 1,662), promosi tidak terdapat pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilaithitung <ttabel (-0,294< 1,662), dan lokasi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai thitung >ttabel (2,251> 1,662). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa variabel kualitas pelayanan, promosi dan lokasi berpengaruh terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Fhitung >Ftabel (8,108>2,14).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, S.E.,M.Si dan Azwar Azwar, MA |
Keywords: | Kualitas Pelayanan; Promosi; Lokasi; Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 04:51 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 01:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2501 |
Actions (login required)
View Item |