Pohan, Rika Purnama (2019) Strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
15 401 00151.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan adalah salah satu lembaga keuangan yang memiliki berbagai produk baik dalam menghimpun dana maupun produk jasa. Salah satu bentuk produk yang diberikan adalah produk tabungan dan produk tabungan ini adalah produk unggulan yang terdapat di PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan, tetapi peneliti melihat dari data yang ada bahwa jumlah nasabah yang menabung tidak sesuai dengan target yang diharapkan oleh pihak bank. Strategi pemasaran yang dilakukan adalah menggunakan marketing mix 7P (product, price, promotion, pleace, poeple, process, visical evidence). Strategi pemasaran yang dilakukan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan adalah dengan cara membagikan brosur, melalui surat kabar, dan media sosial. Pembahasan dalam penelitian ini antara lain yaitu yang berkaitan dengan judul peneliti yaitu pengertian strategi, pengertian pemasaran, pemasaran bank, segmentasi pasar, menentukan posisi pasar (market positioning), targetting, bauran pemasaran (marketing mix), tujuan pemasaran, pengertian produk, penghimpunan dana, dan pengertian efektif. Metode penelitian yang dilakukan adalah kualitatif deskriptif, yaitu memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian yaitu bagaimana strategi pemasaran yang efektif dalam meningkatkan jumlah nasabah produk tabungan pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsdimpuan. Sedangkan teknik pengumpulan datanya dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun informan penelitian ini adalah karyawan PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan telah melakukan strategi-strategi berikut ini: sudah membuat produk tabungan yang sesuai dengan kebutuhan nasabah, harga yang ditawarkan untuk setiap produknya tidak mahal, sudah melakukan promosi baik penyebaran brosur, melalui surat kabar dan media sosial, dan memilih tempat yang strategis berada dipusat kota, sudah dibantu dengan karyawan untuk melayani nasabah, upaya yang dilakukan untuk melayani nasabah agar tidak terjadi kebosanan pada saat antri, dan dengan bantuan fasilitas yang dimiliki PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk KCU Padangsidimpuan cukup membantu memenuhi kebutuhan nasabah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi; Pemasaran; Efektif; Produk Tabungan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 22 Jun 2020 04:42 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 04:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2500 |
Actions (login required)
View Item |