Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan jumlah dana pihak ketiga (dpk) di PT. Bank Syariah Mandiri tbk

Riskon, Riskon (2016) Pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan jumlah dana pihak ketiga (dpk) di PT. Bank Syariah Mandiri tbk. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 220 0118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) di PT. Bank Syariah Mandiri Tbk mengalami fluktuasi, artinya terjadi peningkatan dan penurunan dana pihak ketiga yang tidak efesien. Sehinggah dapat menghambat perkembangan PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. Karena dengan DPK bank syariah menyalurkan pembiayaan kepada masyarakat yang kekurangan dana. Hal ini tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah faktor promosi. Dengan promosi bank syariah memperkenalkan mamfaat dan kualitas produk-produk bank syariah khususnya produk penghimpunan dana kepada masyarakat. Dengan promosi bank syariah juga mengajak masyarakat untuk bertransaksi menggunakan produk-produk bank syariah. Untuk itu semakin sering dilakukan promosi maka semakin besar biaya yang harus dikeluarkan, Karena promosi diukur dari biaya yang dikeluarkan. Pada umumnya jika biaya promosi meningkat maka dana pihak ketiga di bank syariah meningkat dan sebaliknya, jika biaya promosi menurun maka dana pihak ketiga juga akan menurun. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh biaya promosi terhadap peningkatan jumlah Dana Pihak Ketiga di PT. Bank syariah mandiri Tbk, Dalam penelitian ini teori-teori yang berkaitan dengan ilmu Manajemen Pemasaran, Manajemen Perbankan, Produk-produk Bank Syariah, Akuntansi Perbankan Syariah, Bank dan Lembaga Keuangan Syariah dan Pengantar Bisnis. Sehubungan dengan itu maka pendekatan yang dilakukan adalah teori yang berkaitan biaya promosi dan dana pihak ketiga serta mengaitkannya ke perspektif Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan dokumentasi pada data biaya promosi dan dana pihak ketiga yang diperoleh dari PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. Kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS Versi 21.0.Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah biaya promosi (variabel X), dan dana pihak ketiga (variabel Y). Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel biaya promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) di PT. Bank Syariah Mandiri Tbk dan nilai r2 =0.106 menunjukkan bahwa 10.6% variabel biaya promosi dapat mempengaruhi peningkatan jumlah DPK. Sebanyak 89.4% peningkatan jumlah DPK dipengaruhi oleh faktor lain. Dimana thitung >ttabel yaitu 2.331>1.679 dengan taraf signifikan 5%, sehingga dapat dilihat terdapat pengaruh yang signifikan antara biaya promosi terhadap peningkatan jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) di PT. Bank Syariah Mandiri Tbk. Dalam hal ini berarti hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Darwis Harahap, M.Si dan Abdul Nasser Hasibuan, M.Si
Keywords: Biaya Promosi; DPK.
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150299 Banking, Finance and Investment not elsewhere classified
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 07 Apr 2020 06:20
Last Modified: 14 Jul 2021 11:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/250

Actions (login required)

View Item View Item