Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Persepsi masyarakat desa Pintu Padang Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan terhadap Bank Syariah

Wahyuni, Seri (2019) Persepsi masyarakat desa Pintu Padang Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan terhadap Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 401 00175.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masyarakat Desa Pintu Padang Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan memiliki mayoritas masyarakat beragama Islam. Tetapi sebagian besar masyarakat menganggap bahwa bertransaksi di bank syariah dan bank konvensional itu sama saja terlihat dari pengalaman masyarakat dalam menggunakan jasa perbankan tidak didukung dengan alasan tertentu. Hal ini membuat adanya perbedaan pendapat pada masyarakat Desa Pintu Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat Desa Pintu Padang Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan Terhadap Bank Syariah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mengenai persepsi yang mempengaruhi faktor-faktor masyarakat terhadap bank syariah yang mendukung dalam memperoleh hasil penelitian. Teori ini menjadi dasar atau acuan dalam melakukan penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari masyarakat Desa Pintu Padang yang memiliki dan menggunakan jasa bank syariah dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari buku kependudukan Desa Pintu Padang dan buku-buku yang berhubungan dengan perbankan syariah. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi terhadap 20 informan yang sesuai dengan karakteristik pengetahuan, pendidikan, usia, agama, dan pekerjaan. Persepsi masyarakat Desa Pintu Padang Kecamatan Angkola Selatan jika dilihat dari beberapa aspek berikut memiliki hasil yaitu berdasarkan ketentuan hukum bank syariah diperoleh hasil 55% informan yang menyatakan sudah sesuai dengan hukum Islam, 35% informan yang menyatakan belum sesuai dengan hukum Islam, dan 10% informan yang sama sekali tidak mengetahui kedua persepsi tersebut. Berdasarkan perbedaan bagi hasil di bank syariah dan riba di bank konvensional yaitu 30% informan yang memilih bank syariah dan 70% informan yang memilih bank konvensional. Hasil ini membuktikan bahwa latar belakang pengetahuan, pendidikan, usia, agama dan pekerjaan memengaruhi persepsi masyarakat terhadap bank syariah. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bank syariah harus lebih aktif dan banyak mensosialisasikan produk dan pelayanan mereka keluar lapangan agar masyarakat dapat mengetahui tentang produk dan pelayanan bank syariah itu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Persepsi; Bank Syariah; Bank Konvensional
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:05
Last Modified: 22 Jun 2020 03:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2435

Actions (login required)

View Item View Item