Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi dan nilai taksiran terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai emas iB pada PT. Bank SUMUT cabang syariah Padangsidimpuan

Matondang, Lisahroni (2018) Pengaruh promosi dan nilai taksiran terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai emas iB pada PT. Bank SUMUT cabang syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
132200158.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Gadai emas syariah merupakan jenis jasa pembiayaan baru di perbankan syariah yang sebelumnya sudah dirintis oleh pegadaian. Permasalahan penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat yang masih kurang mengenal produk gadai emas iB pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan dikarenakan promosi yang kurang maksimal, begitu juga dengan nilai taksiran emas sebesar 80% yang masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah promosi dan nilai taksiran memiliki pengaruh terhadap keputusan nasabah menggunakan produk gadai emas iB pada PT. Bank SUMUT Cabang Syariah Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang promosi, nilai taksiran dan keputusan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan sampel 51 nasabah. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis. Dianalisis menggunakan SPSS versi 22. Berdasarkan hasil pengujian penelitian menyatakan bahwa variabel promosi (X1), secara parsial mempunyai pengaruh positif terhadap keputusan nasabah, terlihat dari thitung > ttabel yaitu sebesar 10,275 > 2,010 .Variabel nilai taksiran (X2), secara parsial berpengaruh negatif terhadap keputusan nasabah, terlihat dari -thitung < -ttabel yaitu sebesar -2,480 < -2,010. Sedangkan secara bersama-sama (simultan) variabel promosi dan nilai taksiran mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan nasabah, terlihat dari Fhitung > Ftabel yaitu sebesar 98,747 > 3,19 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Hasil uji koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0,804 yang berarti variabel promosi dan nilai taksiran berpengaruh 80,4% terhadap keputusan nasabah dan sisanya 19,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan tidak terjadi multikolinearitas dan heteroskedastisitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Promosi; Nilai Taksiran; Gadai Emas Ib; Keputusan Nasabah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 22 Jun 2020 03:02
Last Modified: 22 Jun 2020 09:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2408

Actions (login required)

View Item View Item