Nurhidayah, Putri (2018) Pengaruh produk, harga, lokasi dan promosi erhadap keputusan nasabah menggunakan layanan jasa mobile banking pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi jumlah nasabah penabung dengan jumlah nasabah yang menggunakan layanan jasa mobile banking terdapat ketidakseimbangan dari tahun 2014-2017. Pada tahun 2014 presentase pertumbuhan jumlah pengguna layanan jasa mobile banking sebesar 11,29%, sedangkan tahun 2015 sebesar 27% mengalami kenaikan 15,71%, kemudian pada tahun 2016 presentase sebesar 33,53% mengalami kenaikan 6,53%. Dan pada tahun 2017 tingkat presentase sebesar 59,32% mengalami kenaikan sebesar 25,79%. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah terdapat pengaruh variabel produk, harga, lokasi dan promosi terhadap keputusan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh Produk, Harga, Lokasi dan Promosi Terhadap Keputusan Nasabah Menggunakan Layanan Jasa Mobile Banking pada PT. Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang keputusan nasabah, teori tentang produk, harga, lokasi dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, menggunkan analisis data regresi linier berganda. Diolah menggunakan perhitungan statistik SPSS 22.0. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji asumsi klasik yaitu uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi, uji hipotesis yaitu uji t, uji F, dan uji Koefisien Determinasi R. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial produk mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan layanan jasa mobile banking dengan nilai thitung>ttabel (3,060>1,661). Harga mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan layanan jasa mobile banking dengan nilai thitung>ttabel (2,045>1,661). Lokasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan layanan jasa mobile banking dengan nilai thitung> ttabel (3,008>1,661). Promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah menggunakan layanan jasa mobile banking dengan nilai thitung> ttabel (7,410>1,661). Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa produk, harga, tempat dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan nasabah memilih Menggunakan Layanan Jasa mobile banking dengan Fhitung > Ftabel (66,145>1,661). Berdasarkan hasil uji R Square dapat diketahui bahwa 72,9 persen variabel produk, harga, lokasi dan promosi mampu mempengaruhi keputusan nasabah menggunakan layanan jasa mobile banking dan 21,1 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Produk; Harga; Lokasi; Promosi; Keputusan nasabah |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 16 Jun 2020 02:29 |
Last Modified: | 16 Jun 2020 02:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2333 |
Actions (login required)
View Item |