Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu

Anita, Riska (2019) Keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1520100159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dalam penelitian ini muncul permasalahan yang ditemukan dilokasi penelitian yaitu: adanya kondisi keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam seperti siswa diam dengan begitu konsentrasi dan begitu serius bahkan ada sebagian siswa bertanya dalam mengikuti pembelajaran. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana gambaran keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu (2) Apa saja faktor mempengaruhi keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk menjelaskan gambaran keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu (2) Untuk mengetahui yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu. Jenis penelitian ini kualitatif deskriptif dan merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 4 Siabu. Sumber data penelitian ini adalah seluruh siswa sebanyak 24 di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu, guru Pendidikan Agama Islam dan Kepala Sekolah. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data adalah keikutsertaan, pengamatan dan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya keaktifan belajar siswa dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu, yaitu siswa aktif dalam menulis, membaca, berbicara, mendengarkan, bergerak, diskusi dan Tanya jawab. Sementara yang menjadi faktor yang mempengaruhi siswa dalam meningkatkan keaktifan belajarnya adalah dari dalam diri siswa yaitu: fisik yang sehat, mempunyai perhatian, tanggapan dan ingatan yang kuat. Dari luar diri siswa yaitu: tempat yang jauh dari suara kendaraan, fasilitas yaitu alat tulis pribadi, ruangan yang bersih dan papan tulis kelas yang bersih, kemudian metode pembelajara guru yang bervariasi seperti metode ceramah dengan materi iman kepada Allah SWT, metode drill dengan materi baca tulis Quran dan metode demonstrasi dengan materi sholat berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 23 Jun 2020 02:38
Last Modified: 23 Jun 2020 03:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item