Siregar, Siti Hartina (2018) Pengaruh produk dan promosi terhadap kepuasan nasabah memilih tabungan iB Muamalat pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpun. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 401 00120.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fakta bahwa nasabah yang memilih tabungan iB muamalat pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan mengalami jumlah nasabah yang selalu meningkat. Tabungan muamalat iB merupakan produk yang banyak diminati masyarakat dibandingkan dengan poduk lainnya. Salah satu keunggulan dari produk tabungan iB muamalat yaitu ATM iB muamalat dapat dipergunakan dimana saja dan nasabah merasa nyaman melakukan transaksi. Kemudian, promosi yang dilakukan PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Cabang Padangsidimpuan dapat diperluas agar masyarakat lebih memahami atau mengenal produk tabungan iB muamalat. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori tentang kepuasan nasabah yang terdiri dari pengertian kepuasan nasabah, faktor penentu kepuasan pelanggan (nasabah), ciri-ciri nasabah yang merasa puas, jenis kepuasan nasabah, cara mengukur kepuasan nasabah dan faktor penentu kepuasan nasabah. Selanjutnya teori produk yang terdiri dari jenis-jenis produk bank syariah dan strategi produk dan teori promosi yang terdiri dari pengertian promosi, macammacam sarana promosi dan tujuan promosi Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis agresi linier berganda. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner dengan sampel 100 nasabah dengan teknik sampel Stratified random sampling. pengolahan data dengan menggunakan spss versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial faktor produk mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah memilih produk tabungan muamalat iB dengan nilai thitung > ttabel (5,498 > 1,660), faktor promosi mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah memilih produk tabungan iB muamalat thitung > ttabel (1,909 > 1,660) dan Secara simultan variabel produk dan promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung > Ftabel (78,236 > 2,14). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 61,7% variabel produk dan promosi mampu mempengaruhi kepuasan nasabah memilih tabungan iB Muamalat dan 38,3% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Produk; promosi; kepuasan nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 07:48 |
Last Modified: | 11 Jun 2020 07:48 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2216 |
Actions (login required)
View Item |