Shakilah, Usmi (2018) Pengaruh keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14.202 00075.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perbedaan persepsi siswa tentang keterampilan guru dalam menjelaskan dan mengelola kelas yang berakibat terhadap hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana keterampilan menjelaskan guru di kelas VIII SMPN 4 Siabu?, Bagaimana keterampilan mengelola kelas guru di kelas VIII SMPN 4 Siabu?, Bagaimana hasil belajar siswa dikelas VIII SMPN 4 Siabu?, Bagaiman keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas guru secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa di kelas VIII SMPN 4 Siabu? Penelitian ini menggunakan teori behaviorisme menurut teori ini hukum belajar adalah hukum hubungan yaitu, stimulus dan respon. Hubungan stimulus dan respon tersebut berfungsi sebagai penjelas terjadinya proses belajar. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Ex Post Facto, dengan jumlah populasi sebanyak 126 siswa SMP Negeri 4 Siabu dan sampel sebanyak 126 siswa juga yang diambil dengan menggunakan tekhnik Total Sampling. Data keterampilan menjelaskan diperoleh dari penyebaran angket kepada siswa sedangkan data hasil belajar di peroleh dari dokumentasi nilai rapot siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu. Tekhnik pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi linear sederhana sedangkan untuk hipotesis ketiga menggunakan regresi linear berganda dengan uji F, dan teknik pengolahan data menggunakan softwere SPSS Versi 23. Berdasarkan hasil uji validitas dan reliabilitas dengan rtabel = 0,381, diperoleh 21 item pernyataan yang valid dari 25 pernyataan keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas sementara semua item pernyataan reliabel. Hasil uji R Squer sebesar 0,073 artinya keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas mempengaruhi hasil belajar sebesar 7,3% sedangkan 92,7% dipengaruhi variabel lain. Berdasarkan Hasil uji F dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan menjelaskan dan keterampilan mengelola kelas terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Siabu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Keterampilan; Menjelaskan;Mengelola Kelas; Hasil Belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Yusri Fahmi |
Date Deposited: | 04 Dec 2019 08:13 |
Last Modified: | 04 Dec 2019 08:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/22 |
Actions (login required)
View Item |