Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis ketuntasan belajar matematika Siswa pada pokok bahasan trigonometri kelas XI IPA 1 MAN Siabu

Putri, Saima (2016) Analisis ketuntasan belajar matematika Siswa pada pokok bahasan trigonometri kelas XI IPA 1 MAN Siabu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
123300125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah berdasarkan fenomena di lapangan yang menunjukkan bahwa Kriteria Ketuntasan Minimal untuk materi trigonometri di MAN Siabu tergolong dalam kategori tinggi. Jika dikaitkan dengan pokoh bahasan trigonometri yang merupakan salah satu materi yang dianggap sulit, Kriteria Ketuntasan Minimal tersebut terbilang sulit untuk dicapai. Adapun masalah yang dikemukaan dalam penelitian ini berupa pertanyaan yaitu: (1) Bagaimana ketuntasan belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri di kelas XI IPA 1, (2) Apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaktuntasan belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri kelas XI IPA 1 MAN Siabu. Adapun tujuan penelitian ini ialah : (1) Untuk mengetahui bagaimana ketuntasan belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi ketidaktuntasan belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan metode deskriptif dengan informan penelitian yaitu siswa kelas XI IPA 1 dengan jumlah siswa 28 orang, dan guru mata pelajaran matematika kelas XI IPA 1. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini terdiri dari dua bagian yaitu: (1) Analisis deskriptif bertujuan untuk mengetahui banyaknya siswa yang mencapai ketuntasan belajar matematika pada pokok bahasan trigonometri. (2) Analisis kualitatif yang meliputi koleksi data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat 18 siswa yang berhasil mencapai ketuntasan belajar matematka pada pokok bahasan trigonometri dan 10 siswa lainnya belum tuntas, Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa ketuntasan secara klasikal belum tercapai karena belum mencapai 85% dari jumlah siswa. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi ketidaktuntasan belajar matematika siswa pada pokok bahasan trigonometri ialah faktor internal yaitu malas belajar, kurangnya latihan, kurangnya penguasaan dalam materi dan materi prasyarat, menggangap materi trigonometri sulit, dan sulit menghafal rumus. faktor eskternal yaitu kurang adanya keakraban antara guru dengan siswa, metode guru dalam mengajar kurang sesuai dengan materi, perhatian orangtua terhadap pendidikan siswa masih rendah, serta kurangnya dorongan atau motivasi yang diberikan orangtua pada siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S. Si., M. Pd dan Drs. H. Mhd. Darwis Dasopang, M. Ag
Keywords: Analisis; Ketuntasan; Faktor Ketidaktuntasan; Trigonometri.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:27
Last Modified: 15 Sep 2021 01:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2195

Actions (login required)

View Item View Item