Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas mobile branch muamalat dalam menarik minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan

Rambe, Nanda Dwi Septian (2015) Efektivitas mobile branch muamalat dalam menarik minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 220 0070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Mobile Branch Muamalat merupakan salah satu kantor kas yang mampu berpindah-pindah yang dimiliki Bank Muamalat Indonesia yang berfungsi memberikan pelayanan kepada nasabah. Kemunduran jumlah nasabah dalam tiga tahun terakhir membuat BMI Cabang Padangsidimpuan terus membuat inovasi dalam hal peningkatan kualitas pelayanan dengan memanfaatkan Sistem Informasi dan Teknologi Informasi. Untuk itu penulis tertarik meneliti sejauhmana efektivitas Mobile Branch Muamalat dalam menarik minat masyarakat, dengan tujuan untuk mengetahui peran Mobile Branch Muamalat dalam menarik minat masyarakat menjadi nasabah dan membuktikan apakah Mobile Branch Muamalat merupakan solusi sebagai media pendekatan pasar. Secara teoritis penelitian ini berguna untuk menambah kajian dalam hal pengembangan pelayanan BMI yang merupakan Lembaga Kuangan Syariah, secara praktis diharapkan penelitian ini berguna untuk memenuhi tugas-tugas penulis dalam menyelesaikan studi (S1) di IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang perbankan syariah, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori efektivitas, perbankan syariah, minat nasabah dan metode dalam hal pelayanan bank. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif artinya metode yang menggambarkan jenis penelitian dengan mengamati fenomena sekitarnya dan menganalisa dengan menggunakan logika ilmiah. Penelitian ini dimulai pada bulan September sampai dengan November 2015 di PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa Mobile Branch Muamalat efektif dalam menarik minat masyarakat menjadi nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk. Cabang Padangsidimpuan. Hal itu dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah nasabah bahkan melebihi dari pada target yang telah ditentukan. Dari segi pelayanan nasabah juga merasa puas dengan kehadiran dan pelayanan dari pada Mobile Branch Muamalat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pelayanan; minat masyarakat; nasabah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 10 Jun 2020 04:56
Last Modified: 10 Jun 2020 04:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2177

Actions (login required)

View Item View Item