Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh promosi, produk dan lokasi terhadap keputusan masyarakat Mandurana menjadi Nasabah Bank Syariah

Harahap, Mira Siskana (2017) Pengaruh promosi, produk dan lokasi terhadap keputusan masyarakat Mandurana menjadi Nasabah Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0068.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Perbankan Syariah merupakan Bank Islam yang mempunyai fungsi utama yaitu menghimpun dana masyarakat dan menyalurkan kembali. Latar belakang penelitian ini adalah dimana adanya kesenjangan penelitian antara peneliti terdahulu serta jumlah nasabah bank syariah yang ada di Dusun Mandurana lebih rendah dari nasabah bank konvensional. Hal ini sangat mungkin terjadi disebabkan karena promosi yang dilakukan belum optimal, produk yang ditawarkan belum dikenal dan lokasi yang tidak strategis sehingga mempengaruhi keputusan masyarakat Mandurana menjadi nasabah di bank syariah. Teori yang dipaparkan dalam penelitian ini berkaitan dengan teori perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan dan teori mengenai manajemen pemasaran bank. Penelitian ini bersifat kuantitatif dan metode pengumpulan data dalampenelitian ini menggunakan teknik penyebaran angket. Lokasi penelitian pada Dusun Mandurana, dengan subyek penelitian menggunakan sampel sebanyak 40 responden, dan jumlah tersebut diambil dari jumlah populasi yaitu 266 responden. Pengolahan data menggunakan SPSS 22.0, yang terdiri dari variabel independen yaitu Promosi (X1), Produk (X2), Lokasi (X3) dan variabel dependen yaitu Keputusan masyarakat Mandurana menjadi Nasabah (Y). Tehnik keabsahan data menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas, pengujian asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas, dan autokorelasi), analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis (uji F, uji t, dan uji R2). Hasil dari penelitian ini, hasil uji t menunjukkan bahwa faktor paling berpengaruh terhadap keputusan masyarakat Mandurana adalah faktor lokasi yang dibuktikan dengan thitung > ttabel (6,115 > 2,028) dengan tingkat signifikansi 0,05, promosi berpengaruh sebesar 2,659 < 2,028 dan produk berpengaruh paling rendah dengan nilai 2,065 > 2,028. Dan hasil uji F menunjukkan nilai Fhitung > Ftabel (97,452 > 2,87) dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05 yakni promosi, produk dan lokasi berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah. Berdasarkan hasil R2 dapat disimpulkan bahwa 88,1% keputusan menjadi nasabah dipengaruhi oleh promosi, produk dan lokasi sedangkan 11,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Promosi; produk; lokasi; keputusan menjadi nasabah dan Bank Syariah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012724 Islamic Banking
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 10 Jun 2020 03:45
Last Modified: 10 Jun 2020 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/2149

Actions (login required)

View Item View Item