Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Nurdiani, Nurdiani (2018) Efektivitas keterampilan guru memberi penguatan dalam pembelajaran PAI di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini berdasarkan dari rumusan masalah adalah untuk menggambarkan efektifitas keterampilan guru memberi penguatan di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Efektivitas adalah adanya kesesuaian antara orang yang melaksanakan tugas dengan sasaran yang dituju. Keterampilan memberi penguatan adalah respons terhadap suatu tingkah laku yang dapat meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku yang dikehendaki. Ada dua jenis penguatan yang biasa diberikan oleh guru yaitu penguatan verbal dan non verbal. Adapun tujuan keterampilan memberikan penguatan adalah: Meningkatkan perhatian siswa terhadap pelajaran, merangsang dan meningkatkan motivasi belajar, melancarkan dan memudahkan proses belajar, mengontrol atau mengubah sikap yang mengganggu ke arah tingkah laku belajar, mengembangkan dan mengatur diri sendiri dalam belajar, mengarahkan cara berpikir tingkat tinggi. Adapun untuk menjawab permasalahan dalam penelitian ini maka digunakan metode deskriptif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data digunakan wawancara dan observasi. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Setelah data terkumpul peneliti mengadakan analisis data dengan langkah-langkah sebagai berikut : Editing data, mengadakan reduksi data, menyusun dalam satuan, menafsirkan data, dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian kualitatif analisis data merupakan tahap yang bermanfaat untuk menelaah data yang telah di peroleh dari beberapa informan yang telah di pilih selama penelitian berlangsung. Selain itu juga berguna untuk menjelaskan dan memastikan kebenaran temuan penelitian. Analisis data ini telah dilakukan sejak awal dan bersamaan dengan proses pengumpulan data di lapangan. Adapun dari penelitian yang telah di lakukan, peneliti mendapatkan beberapa temuan yang dapat mengambarkan proses komunikasi dan pola komunikasi sosial yang terlihat dari hasil wawancara dan observasi. Setelah penelitian ini dilakukan, maka diperoleh hasil bahwa efektivitas keterampilan guru memberi penguatan di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan tergolong efektif, karena guru dalam mengajar sudah menerapkan berbagai komponen keterampilan dalam memberi penguatan yang dapat dilihat dari hasil observasi peneliti. Dengan adanya respon siswa terhadap apa yang disampaikan oleh gurunya maka tujuan dari pembelajaran bisa dikatakan efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asnah, M.A dan Hamka, M.Hum
Keywords: efektifitas keterampilan guru; pembelajaran PAI
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 03 Apr 2020 04:43
Last Modified: 21 Sep 2020 02:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/191

Actions (login required)

View Item View Item