Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh tingkat bagi hasil dan capital adequacy ratio(CAR) terhadap pembiayaan Muḍᾱrabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah tahun 2013-2016

Harahap, Lia Rahmi (2017) Pengaruh tingkat bagi hasil dan capital adequacy ratio(CAR) terhadap pembiayaan Muḍᾱrabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah tahun 2013-2016. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 220 0027.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembiayaan muḍᾱrabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Tahun 2013-2016 mengalami peningkatan yang signifikan. Pembiayaan muḍᾱrabah yang meningkat ini diikuti dengan perkembangan tingkat bagi hasil akan tetapi CAR mengalami fluktuasi. Hal ini tidak sesuai dengan teori yang telah ada, dimana saat tingkat bagi hasil dan CAR meningkat maka pembiayaan muḍᾱrabah juga meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ Apakah tingkat bagi hasil dan CAR berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap pembiayaan muḍᾱrabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah Tahun 2013-2016”? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tingkat bagi hasil dan CAR secara parsial dan simultan terhadap pembiayaan muḍᾱrabah pada Bank Pembiayaan Rakyat Syariah. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen keuangan dan analisis laporan keuangan. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan analisis rasio keuangan sebagai aspek-aspek atau bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif, sumber data adalah data sekunder dengan bentuk time series sebanyak 48 sampel. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Teknik analisis data dengan uji asumsi klasik, analisi s regresi linier berganda, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Proses pengolahan data menggunakan program computer SPSS versi 22.0. Adapun R Square sebesar 0,881 (88,1 persen) yang berarti bahwa pembiayaan muḍᾱrabah dapat dijelaskan oleh tingkat bagi hasil dan CAR sebesar 88,1 persen. Sedangkan sisanya 11,9 persen lagi dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa variabel tingkat bagi hasil memiliki thitung > ttabel (10.951 > 1.679), artinya secara parsial variabel tingkat bagi hasil mempunyai pengaruh terhadap pembiayaan muḍᾱrabah. Variabel CAR memiliki -thitung < -ttabel (-7.933 < -1.679), artinya secara parsial CAR mempunyai pengaruh negatif terhadap pembiayaan muḍᾱrabah. Hasil dari penelitian secara simultan (uji f) menyatakan bahwa rasio keuangan tingkat bagi hasil dan CAR memilikifhitung > ftabel (165.874> 3,20) artinya variabel tingkat bagi hasil dan CAR secara simultan mempunyai pengaruh terhadap pembiayaan muḍᾱrabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, SEI,. MA dan Rini Hayati Lubis, MP
Keywords: Tingkat Bagi Hasil; Capital Adequacy Ratio (CAR); Pembiayaan Muḍᾱrabah.
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012712 al-Syirkah (incl. al-Mudharabah, al-Musahamah)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 04 Jun 2020 03:22
Last Modified: 01 Sep 2021 07:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1897

Actions (login required)

View Item View Item