Hanum, Febrida (2016) Pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada materi pokok bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0052.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Pada penelitian ini, penulis meneliti masalah ini terjadi disebabkan karena guru yang jarang menggunakan alat peraga dalam proses belajar mengajar khususnya pada materi bangun ruang kubus dan balok. Sehingga hasil belajar pengetahuan dan keterampilan matematika siswa SD Negeri 200301 Padangsidimpuan belum memenuhi standar nilai yang ditentukan. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan pada materi pokok bangun ruang siswa kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Yang menjadi populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa-siswi kelas IV SD Negeri 200301 Padangsidimpuan tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 2 kelas dan berjumlah 60 siswa. Sampel diambil dari seluruh populasi dengan acuan total sampling atau sampel total. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas IV A dengan jumlah siswa 30 orang (kelas eksperimen) dan kelas IV B dengan jumlah siswa 30 orang (kelas kontrol). Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung 3,008 ttabel 2,02. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan alat peraga terhadap hasil belajar pengetahuan dan keterampilan matematika siswa di SD Negeri 200301 Padangsidimpuan. Dengan demikian dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan alat peraga pada materi pokok bangun ruang lebih baik dari pada tidak menggunakan alat peraga.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Alat Peraga; Pengetahuan; Keterampilan; Bangun Ruang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 04:02 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 04:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1885 |
Actions (login required)
View Item |