Mulyani, Ratih (2017) Pengaruh kualitas pelayanan dan kualitas produk terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 220 0080.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Permasalahan penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya jumlah nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok pada tahun 2012, kemudian pada tahun selanjutnya jumlah nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok mengalami penurunan. Pentingnya kualitas pelayanan dan kualitas produk yang baik dari PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok sehingga mempengaruhi kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan dan kualitas produk mempunyai pengaruh terhadap kepuasan nasabah pada PT. Pegadaian (Persero) Unit Syariah Sipirok. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang kepuasan nasabah, kualitas pelayanan dan kualitas produk. Di dukung dengan teori-teori yang berkaitan dengan bidang ilmu ekonomi tentang manajemen pemasaran, yaitu, kualitas pelayanan, kualitas produk dan kepuasan nasabah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linear berganda. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan sampel 94 nasabah dengan teknik pengambilan sampel adalah simple random sampling. Pengolahan data dilakukan dengan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan thitung > ttabel (1,857 > 1,661) dan nilai Sig. < α (0,067 < 0,1), kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai nilai thitung > ttabel (1,857 > 1,661) dan nilai Sig. < α (0,067 < 0,1), Berdasarkan hasil uji secara simultan bahwa kualitas pelayanan dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan Fhitung > Ftabel (44,845 > 2,36) dan nilai Sig. < 0,1 (0,000 < 0,01). Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi dapat diketahui bahwa 48,5 persen variabelkualitas pelayanan dan kualitas produk mampu mempengaruhi kepuasan nasabah dan 51,5 persen sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kualitas pelayanan; Kualitas Produk; Kepuasan Nasabah |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 03 Jun 2020 03:43 |
Last Modified: | 03 Jun 2020 03:43 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1882 |
Actions (login required)
View Item |